Penembakan Brigadir J

Ferdy Sambo Siap Jalani Sidang Kasus Pembunuhan Brigadir J, Berharap Peradilan Objektif

Mantan Kadiv Propam Ferdy Sambo menyatakan siap menjalani persidangan kasus pembunuhan Brigadir J dan berharap sidang berjalan objektif dan adil.

Penulis: rika irawati | Editor: rika irawati
Tangkap Layar Youtube Kompas TV
Ketua Tim Penasihat Hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, Arman Hanis (tengah), memperkenalkan mantan juru bicara (jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah dan mantan penyidik KPK Rasamala Aritonang sebagai anggota tim kuasa hukum, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (28/9/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Mantan Kadiv Propam dan tersangka kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo, menyatakan siap menjalani persidangan dan berharap persidangan nantinya berjalan objektif dan adil.

Ferdy Sambo pun mengakui kesalahan terkait skenario pembunuhan Brigadir J yang disamarkan sebagai kasus polisi tembak polisi.

Hal ini disampaikan Sambo lewat Ketua Tim Penasihat Hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, Arman Hanis, dalam konferensi pers, dikutip dalam Breaking News Kompas TV, Rabu (28/9/2022).

Arman mengatakan, pesan tersebut disampaikan Ferdy Sambo saat tim kuasa hukum menemuinya di Rutan Mako Brimob.

"Pesan Pak Ferdy Sambo dan Bu Putri Candrawathi, intinya sebagai berikut: Kami menyadari, ada kekeliruan yang pernah terjadi. Apa yang kami lakukan akan kami akui secara terbuka di persidangan. Harapan kami sederhana, semoga, proses hukum berjalan objektif dan berkeadilan," kata Arman membacakan pesan Ferdy Sambo.

Baca juga: Ferdy Sambo Dkk Segera Disidang. Kejagung Nyatakan Berkas Perkara Pembunuhan Brigadir J Lengkap

Baca juga: 2 Mantan Pegawai KPK Bela Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, Ada Febri Diansyah dan R Aritonang

Arman mengakui dan menyadari, ketidakjujuran Ferdy Sambo telah membuat rasa tidak percaya sangat luas di masyarakat.

Terkait hal ini, menurutnya, Ferdy Sambo telah menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat, termasuk anggota Polri yang akhirnya terseret dalam kasus tersebut.

Meski begitu, Arman berharap, proses peradilan nantinya berjalan objektif.

Apalagi, kedua kliennya, sejak awal bersikap kooperatif dan menghormati proses hukum.

Hal ini terlihat dari kesediaan mereka mengikuti proses yang berlaku, mulai dari diperiksa, mengikuti rekonstruksi, konfrontir, hingga mengikuti tes poligraf menggunakan lie detector.

Baca juga: Banding Ditolak, Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo Diputus Pecat Tidak Dengan Hormat

Baca juga: Ferdy Sambo dan Istri Tolak Peragakan Rekonstruksi Sejumlah Adegan Bareng Bharada E, Ini Alasannya

Padahal, menurut Arman, kliennya punya hak menolak mengikuti rekonstruksi hingga menjalani tes poligraf karena tidak dibebani pembuktian.

"Karena Pak Ferdy Sambo secara tegas menyatakan siap bertanggung jawab dan berkeadilan. Berkeadilan di sini tidak hanya untuk Pak Ferdy Sambo, Bu Putri Candrawathi, tetapi juga untuk korban, keluarga korban, dan masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Arman juga memperkenalkan mantan juru bicara (jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah dan mantan penyidik KPK Rasamala Aritonang sebagai anggota tim kuasa hukum.

Arman mengatakan, Febri Diansyah akan bertugas sebagai kuasa hukum Putri Candrawathi dan Rasamala Aritonang sebagai kuasa hukum Ferdy Sambo.

Diberitakan sebelumnya, Kejaksaan Agung (Kejagung) menyatakan berkas perkara kasus pembunuhan berencana Brigadir J dinyatakan lengkap dan segera didaftarkan untuk persidangan. (*)

Baca juga: Profil Ketua KPU Banyumas Imam Arif Setiadi: dari Kampus, Kesenian, hingga Dunia Politik

Baca juga: Berbekal Kertas Roti dan Spidol, Karsono Mendesain Motif Batik. Jadi Langganan Pembatik Banyumasan

Baca juga: 21 Warga Kasegeran Banyumas Mengungsi setelah Longsor Melanda Tebing Sungai Ente Akibat Hujan Deras

Baca juga: Kabur 7 Tahun, DPO Kejati Maluku Utara Dibekuk di Hotel di Purwokerto saat Bertemu Wanita

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved