Breaking News:

Berita Jateng

Tepergok Buang Limbah, 2 Warga Polokarto Sukoharjo Jadi Tersangka Pencemaran Sungai Bengawan Solo

Polres Sukoharjo menetapkan dua tersangka dalam kasus dugaan pencemaran Sungai Bengawan Solo.

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: rika irawati
Tribun Jateng/Muhammad Sholekan
Petugas dari Perusda Air Minum Solo ketika mengambil sampel air di Sungai Bengawan Solo yang diduga tercemar ciu dari industri rumahan di Sukoharjo, beberapa lalu. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SUKOHARJO - Polres Sukoharjo menetapkan dua tersangka dalam kasus dugaan pencemaran Sungai Bengawan Solo.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyampaikan, dua tersangka tersebut masing-masing berinisial H (36) dan J (40).

Keduanya merupakan warga Polokarto, Sukoharjo.

Menurut Wahyu, kedua tersangka merupakan pelaku pembuang limbah hasil produksi alkohol di salah satu tempat pembuatan alkohol di Polokarto, Sukoharjo.

"Perbuatan tersebut dilakukan lewat cara, kedua tersangka menyedot limbah dari tempat produksi menggunakan alat berupa diesel dan disalurkan lewat selang berdiameter dua dim," ucapnya, Jumat (17/9/2021).

Baca juga: Polda Jateng Curigai Satu Industri Rumahan Ciu di Sukoharjo sebagai Biang Pencemaran Bengawan Solo

Baca juga: Polda Jateng Tangani Pencemaran Sungai Bengawan Solo, Cek Industri Rumah Pembuat Ciu di Sukoharjo

Baca juga: Terulang Lagi, Sungai Bengawan Solo Tercemar Limbah Industri Ciu, Ganjar: Keterlaluan!

Baca juga: Ikan Mabuk akibat Sungai Bengawan Solo di Blora Tercemar Limbah Ciu, Penghasilan Warga Menurun

Limbah itu, lanjut Wahyu, dimasukan ke dalam tandon penyimpannan limbah berkapasitas 1.000 liter yang sudah disiapkan di atas mobil pikap.

Setelah limbah berhasil dimasukan ke dalam tandon, imbuh Wahyu, kemudian, tandon tersebut dibawa ke tempat pembuangan yaitu di pekarangan salah satu warga di Polokarto.

"Pekarangan tersebut sudah dibuat empang untuk membuang limbah. Tempat pembuangan limbah dimaksud (empang, red) berada di pinggir Sungai Samin yang berjarak kurang lebih 10 meter, yang merupakan anak Sungai Bengawan Solo," ungkapnya.

Penangkapan

Menurut Wahyu, Tim Opsnal Tipidter Polres Sukoharjo mendapatkan beberapa informasi tentang pembuangan limbah di wilayah Polokarto, Sukoharjo.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved