Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Perubahan Iklim Terjadi di Indonesia, BMKG Minta Warga Tak Sepelekan Informasi Terkait Cuaca

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat tidak menyepelekan informasi cuaca dan iklim demi menjaga keselamatan.

Editor: rika irawati
KOMPAS.com/ ROSYID ASZHAR
Ilustrasi gelombang tinggi 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat tidak menyepelekan informasi cuaca dan iklim demi menjaga keselamatan.

Apalagi, saat ini, Indonesia dan negara lain di dunia, tengah menghadapi perubahan iklim yang memicu pergeserean pola musim serta suhu udara.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, informasi terkait cuaca dan iklim sangat penting, utamanya bagi penyedia layanan angkutan penyeberangan air atau laut.

Hal ini sebagai langkah mitigasi dan antisipasi dalam upaya meningkatkan keselamatan transportasi.

"Indonesia adalah negara kepulauan dan memiliki banyak sekali pelabuhan dan dermaga yang melayani angkutan penyeberangan. Hampir 65 persen wilayah Indonesia merupakan perairan, maka informasi cuaca laut sangat krusial dalam menciptakan keselamatan transportasi di titik-titik penyeberangan," kata Dwikorita dalam Focus Group Discussion (FGD) daring yang diselenggarakan BMKG, Rabu (18/8/2021).

Baca juga: Banjir di Cilacap Dipicu Gangguan Cuaca, BMKG: Tetap Waspada, Potensi Terjadi Minimal Tiga Hari

Baca juga: Kenapa Suhu Udara di Jateng Dingin, Akhir-akhir Ini? Begini Penjelasan BMKG

Baca juga: Fenomena Hujan Es di Kota Semarang, Sabtu Sore Selama Lima Menit, Berikut Penjelasan BMKG

Baca juga: Embun Es Dieng Muncul Terlalu Awal sebelum Musim Kemarau Tiba, Begini Penjelasan BMKG

Dwikorita menyebut, kondisi cuaca sangat berpengaruh terhadap kelancaran dan keamanan transportasi penyeberangan laut. Kemungkinan hujan, badai, angin, dan gelombang tinggi sangat besar terjadi selama perjalanan.

Dikatakannya, perubahan iklim dapat memicu pergeseran pola musim dan suhu udara yang bisa meningkatkan frekuensi dan intensitas bencana hidrometeorologi.

"Kami sangat berharap dukungan informasi iklim dan cuaca yang dikeluarkan BMKG dapat dimanfaatkan secara baik guna meningkatkan keamanan dan keselamatan transportasi," tambah Dwikorita.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Perkapalan dan Kepelautan Kemenhub, Capt Hermanta menyampaikan bahwa perkembangan teknologi dan informasi cuaca maritim dari BMKG saat ini sudah sangat jauh lebih maju.

Data dan informasi yang dihasilkan, kata dia, sangat lengkap, akurat, detail, dinamis dan mudah diakses secara digital melalui berbagai kanal komunikasi secara real time.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved