Breaking News:

Penanganan Corona

47 Orang Pilih Denda Rp 20 Ribu, Sanksi Warga Terjaring Operasi Masker di Kabupaten Semarang

Warga memilih denda Rp 20 ribu karena keberatan soal hukuman sosial berupa menyapu jalanan dengan durasi waktu 30 menit. 

TRIBUN BANYUMAS/M NAFIUL HARIS
Seorang warga menjalani hukuman menyapu karena tidak memakai masker dalam razia protokol kesehatan di Jalan MT Haryono, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Kamis (3/6/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, UNGARAN - 47 warga Kabupaten Semarang disanksi denda dengan membayar uang masing-masing senilai Rp 20 ribu karena tidak menggunakan masker. 

Puluhan orang tersebut terjaring razia dalam operasi yustisi petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, dan Satpol PP Kabupaten Semarang

Kasi Penyidikan dan Penyelidikan Satpol PP Kabupaten Semarang, Wahyu Pito Nugroho mengatakan, dalam operasi yustisi tersebut terdapat 64 orang kedapatan tidak memakai masker. 

Baca juga: Berlaku Setiap Selasa, Naik BRT Trans Semarang Boleh Bayar Pakai Botol Air Mineral. Begini Caranya

Baca juga: Tamu Hajatan Dibatasi 75 Orang, Cara Pemkab Semarang Cegah Klaster Covid-19 Baru

Baca juga: Ilmu Titen Jadi Model Suwanto Disabilitas Semarang Modifikasi Motor Roda Tiga

Baca juga: Bupati Semarang Minta Ujian Sekolah Digelar Daring, Ngesti: Tatap Muka Hanya bagi Siswa Susah Sinyal

"Alhasil, 47 orang dikenakan denda senilai Rp 20 ribu."

"Kemudian sisanya yakni 17 orang memilih sanksi sosial dengan menyapu atau bersih-bersih selama 30 menit pada sekitaran lokasi," terangnya kepada Tribunbanyumas.com, Kamis (3/6/2021) 

Menurut Wahyu, pemberlakuan denda berupa uang maupun sanksi sosial terhadap pelanggar protokol kesehatan pencegahan virus corona (Covid-19) diatur dalam Perda Kabupaten Semarang Nomor 15 Tahun 2020 mengenai penyakit menular. 

Dia menambahkan, warga yang memilih denda rata-rata karena keberatan soal hukuman sosial berupa menyapu jalanan dengan durasi waktu 30 menit. 

"Tapi dari data kami rata-rata pelanggar hanya satu kali."

"Setelah mereka dihukum, kebanyakan semakin tertib dan tidak lupa memakai masker saat beraktivitas ke manapun," katanya.

Seorang warga yang terjaring razia masker, Riva Agus mengaku tidak memakai masker ketika keluar rumah karena terburu-buru sehingga membuatnya lupa. 

Halaman
12
Penulis: M Nafiul Haris
Editor: deni setiawan
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved