Berita Banyumas

Bupati Lantik Pengurus Forum Anak Banyumas Periode 2021-2022: Kalian Harus Tahu Apa yang Dikerjakan

Bupati Banyumas Achmad Husein melantik kepengurusan Forum Anak Banyumas (Formas) masa bakti 2021-2022, Rabu (10/3/2021).

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/Istimewa
Bupati Banyumas Achmad Husein melantik kepengurusan Forum Anak Banyumas masa bakti 2021-2022, pada Rabu (10/3/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Bupati Banyumas Achmad Husein melantik kepengurusan Forum Anak Banyumas (Formas) masa bakti 2021-2022, Rabu (10/3/2021).

Pelantikan dilakukan dalam dua metode, secara langsung dan daring via video conference di Pendopo Si Panji Purwokerto.

Pelantikan secara daring dilakukan untuk kepengurusan di tingkat kecamatan.

Forum tersebut berisikan pelajar dari siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) dan Siswa Menengah Atas (SMA/SMK/MA) di seluruh Kabupaten Banyumas.

Baca juga: Menggantung, Waktu Pembukaan Bioskop di Banyumas Tak Jelas Lagi

Baca juga: Kejari Purwokerto Sita Uang Rp 470 Juta, Diduga Hasil Penyelewengan JPS Banyumas

Baca juga: Lansia di Banyumas Meninggal Beberapa Jam setelah Divaksin, Bupati: Itu Kena Stroke atau Hipertensi

Baca juga: Masih Ada Diskriminasi Perempuan, Organisasi Kemahasiswaan di Banyumas Tuntut Pengesahan RUU PKS

Dalam sambutannya, bupati mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada pengurus Formas periode 2019-2021.

Terutama, atas pengabdian dan dedikasinya yang telah membantu pemerintah dalam mewujudkan Kabupaten Ramah Anak.

Kepada seluruh anak-anak yang baru dilantik, bupati minta forum anak ini dijadikan sarana informasi bagi anak dan pelajar di Banyumas.

"Kalian harus tahu tujuan dan maksud dilantik itu apa, jangan hanya bangga dengan seragamnya. Dengan tahu maksud dan tujuan maka kalian tahu apa yang harus dikerjakan," kata Husein, dikutip dari rilis yang diterima Tribunbanyumas.com, Kamis (11/3/2021).

Untuk itu, agar anak-anak bisa memposisikan diri menjadi Anak Banyumas, Anak Indonesia yang cerdas dan mempunyai kemauan tinggi yang kelak menjadi penerus bangsa Indonesia.

Bupati juga meminta kepada anak-anak agar melakukan sesuatu dengan hati dan bersungguh-sungguh karena nantinya akan menghasilkan sesuatu berbeda.

"Mulai saat ini, kalian harus sudah mempunyai tujuan dan cita-cita. Dan cita-cita tidak boleh biasa-biasa saja. Kerena, kalau biasa-biasa saja, itu ibarat mengalir dalam air mengalir. Kalian harus bisa mencari arah," ungkapnya.

Ketua Forum anak Banyumas Muhammad Aditya Ibnu menyampaikan beberapa program Formas tahun 2021 antara lain melaksanakan kegiatan Forum Anak Tilik Desa.

Baca juga: Catat! Mulai 17 Maret, Bayar Perpanjangan SIM di Satpas Purwokerto Bisa Nontunai. Begini Caranya

Baca juga: ABK Hilang di Perairan Kota Tegal, Diduga Jatuh saat Kapal Dihantam Gelombang Tinggi

Baca juga: Warga Kampung Sawah di Kecamatan Tugu Semarang Tangkap Ular Piton, Perut Membuncit Sebesar Helm

Baca juga: Akses ke Curug Pletuk Pesangkalan Masih Terjal, Bupati Banjarnegara Janji Perbaiki Tahun Ini

Tilik Desa adalah kegiatan sosialisasi protokol Kesehatan, belajar, dan mendongeng kepada anak-anak di desa tersebut dengan jumlah terbatas, kurang lebih ada 10-15 anak.

Formas juga akan mengelar kegiatan Rembugan Bareng Bocah Banyumas yang rutin berjalan setiap tahun, sebagai sarana anak Banyumas menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah.

"Kami merancang kegiatan tersebut dengan tema Dialog Anak dengan Bupati Banyumas yang terselenggara secara online, setelah terbentuknya Forum Anak di 27 Kecamatan," terangnya.

Kegiatan tersebut ia susun dalam sebuah penampilan video 'ini Suaraku' yang telah dibuat dan merupakan suara dari anak-anak dari berbagai daerah, termasuk anak berkebutuhan khusus, tentang pengalaman di masa pandemi.

Mereka juga akan meluncurkan gerak jingle 3M Forum Anak yang dibuat dalam rangka membantu pemerintah menyosialisasikan kepada masyarakat, terkhusus anak-anak, terkait pencegahan penularan virus Covid-19.

Selanjutnya, untuk kegiatan unggulan ada Semarak Hari Anak Nasional tahun 2021 tingkat Kabupaten Banyumas yang mengambil tema 'Anak Banyumas Gesit', yaitu Gembira, Empati, Sehat, Inovatif, dan Terampil.

Akan ada beberapa kegiatan, semisal Child Take Over, Konferensi Forum Anak Banyumas dan Puncak HAN. (Tribunbanyumas/jti)

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved