Breaking News:

Berita Jateng

Selain Banyumas Raya, 2 Wilayah di Jateng Ini Juga Harus Melakukan Pembatasan Kegiatan 11-25 Januari

Berdasarkan instruksi presiden, pengetatan dilakukan di daerah-daerah yang memiliki indikator dengan jumlah kasus covid tinggi.

TRIBUNBANYUMAS/MAMDUKH ADI PRIYANTO
Gubernur Ganjar memberikan keterangan terkait pembatasan kegiatan di ruang rapat kompleks Kantor Provinsi Jateng, Rabu (6/1/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SEMARANG - Pemerintah secara resmi memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat yang lebih ketat di Jawa dan Bali pada 11-25 Januari. Pengetatan dilakukan sebagai respons tingginya kasus Covid-19.

Kegiatan yang terkena pembatasan antara lain tempat kerja dengan karyawan 75 persen, belajar mengajar daring, jam buka kegiatan pusat perbelanjaan, serta kapasitas tempat ibadah 50 persen.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Perekonomian selaku Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga tengah menyiapkan aturan-aturan dan landasan hukum pembatasan sosial berskala besar ini.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menuturkan, sosialisasi sudah mulai dilakukan jajarannya, termasuk pemerintah di kabupaten/kota.

Hal itu disampaikannya seusai mengikuti teleconference dengan Presiden Jokowi beserta menteri dan gubernur se-Indonesia, di ruang rapat kompleks Kantor Provinsi Jateng, Rabu (6/1/2021).

"Ada pengetatan provinsi-provinsi di Jawa dan Bali. Sebentar lagi akan turun peraturan Menteri Dalam Negeri terkait pengetatan dalam konteks kerumunan, ada jam malam juga. Kami sudah menyiapkan dan melakukan sosialisasi apa yang akan dilakukan," kata Ganjar.

Baca juga: Siap-siap, Pemerintah Bakal Batasi Kegiatan di Jawa Bali pada 11-25 Januari

Baca juga: Tertarik Kemampuan Deteksi Covid-19 dalam 3 Menit, Gubernur Ganjar Borong 100 GeNose C19

Baca juga: 62.560 Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Jateng, Ganjar: Saya Harap Ada 10 Kiai Mau Divaksin Lebih Dulu

Baca juga: Vaksin untuk Jateng Tiba di Kota Semarang, Gubernur Ganjar: Vaksinasi Mulai 14 Januari

Pihaknya berencana melakukan pengetatan berdasarkan teritori pemerintah. Misalnya, seluruh Provinsi Jateng.

Berdasarkan instruksi presiden, pengetatan dilakukan di daerah-daerah yang memiliki indikator dengan jumlah kasus covid tinggi serta butuh perhatian khusus.

Ganjar menyebut, ada tiga wilayah yang harus menerapkan pengetatan sesuai instruksi pemerintah pusat. Meliputi, wilayah Semarang Raya, Solo Raya, dan Banyumas Raya.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved