Berita Banyumas

Bawa Spanduk, Petugas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ajak Warga Hati-hati Melintasi Perlintasan Kereta

PT KAI Daop 5 Purwokerto melakukan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang di JPL 393 A Jalan Veteran.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS.COM/PERMATA PUTRA SEJATI
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto bersama komunitas pecinta kereta api melakukan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang di JPL 393 A Jl Veteran, Tanjung, Purwokerto, Senin (7/12/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto melakukan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang di JPL 393 A Jalan Veteran, Kelurahan Tanjung, Purwokerto, Senin (7/12/2020).

Sosialisasi keselamatan yang dilakukan bersama Komunitas Pecinta Kereta Api (Rail Fans) ini dilakukan lewata cara membentangkan spanduk di dekat perlintasan sebidang.

Petugas juga membagikan masker dan pengguna jalan sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19.

Diharapkan, kegiatan ini dapat menggugah kesadaran warga agar tertib berlalu lintas sehinga angka kecelakaan di perlintasan sebidang menurun.

Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Eko Budiyanto mengatakan, kegiatan tersebut juga dihadiri dari unsur TNI dan Polri.

Baca juga: Longsor di Dekat Terowongan Overpass Kebasen Banyumas, Perjalanan 3 Kereta Sempat Terganggu

Baca juga: Bawa Spanduk dan Bagikan Pamflet, Petugas Minta Warga Prioritaskan Kereta saat di Perlintasan KA

Baca juga: Terbanyak di Cilacap, Perlintasan Kereta Api Tanpa Penjagaan, Jumlahnya Capai 45 Titik

Baca juga: PT KAI Daop 5 Purwokerto Buka Layanan Kirim Barang Pakai Jasa Kereta Lewat Kargo Lingkar Joglosemar

Sebelumnya, pihaknya juga menggelar aksi serupa di perlintasan KA, di antaranya di perlintasan nomor 376 (Stasiun Notog), Nomor 382 (antara stasiun Notog-Kebasen), perlintasan Nomor 352 (antara stasiun Purwokerto-Karanggandul), dan perlintasan Nomor 343 (antara stasiun Karanggandul-Karangsari).

"Kegiatan sosialisasi hari ini dilaksanakan di dua titik, yaitu di Perlintasan Nomor 363 A (antara Purwokerto-Notog) dan perlintasan Nomor 355 (antara Karanggandul-Purwokerto)," ujar Eko kepada Tribunbanyumas.com, Senin (7/12/2020).

Eko menyampaikan, perlintasan sebidang seharusnya dibuat menjadi flyover dan underpass untuk meningkatkan keselamatan perjalanan KA dan pengguna jalan.

Langkah lain, menutup perlintasan sebidang yang tidak berizin atau liar.

Dikatakannya, peningkatan dan pengelolaan perlintasan sebidang dilakukan penanggung jawab jalan sesuai klasifikasinya, misalnya, menteri untuk jalan nasional, gubernur untuk jalan provinsi, dan bupati atau wali kota untuk jalan kabupaten atau kota dan jalan desa.

Hal ini sesuai PM Perhubungan No 94 Tahun 2018 Pasal 2 dan 37.

Sampai saat ini, di wilayah Daop 5 Purwokerto, ada 208 titik perlintasan sebidang yang tersebar di sepanjang jalur. Rinciannya, 62 perlintasan dijaga petugas dari KAI, 39 perlintasan dijaga pemda, dan 107 titik tak dijaga.

Untuk perlintasan tidak terjaga, berada di Kabupaten Banyumas sejumlah 12 titik, Kabupaten Brebes 3 titik, Kabupaten Ciamis 2 titik, Kabupaten Cilacap 45 titik, Kabupaten kebumen 16 titik, Kab Purworejo 7 titik, dan Kabupaten Tegal 22 titik.

Baca juga: Ibu Rumah Tangga di Banyumas Bawa Kabur Motor Teman Kos, Dijual di Luar Jawa Lewat Ekspedisi Bus

Baca juga: Bakal Punya Banyak Jalan Tol, Jateng Butuh Investasi Sedikitnya Rp 130 Triliun

Baca juga: 14 Guru SMP Negeri 3 Jekulo Kudus Positif Covid-19, 3 Guru Masih Dirawat di RS

Baca juga: Cuti Selesai, Dyah Hayuning Pratiwi Kembali Jabat Bupati Purbalingga

Sebenarnya, PT KAI Daop 5 Purwokerto sudah cukup banyak menutup perlintasan sebidang liar dengan tujuan menormalisasi jalur KA dan peningkatan keselamatan perjalanan KA serta masyarakat.

"Keselamatan di perlintasan sebidang dapat tercipta jika seluruh unsur masyarakat dan pemerintah dapat bersama-sama peduli," katanya.

"Diharapkan, kepedulian seluruh stakeholder termasuk para pengguna jalan, mampu menciptakan keselamatan di perlintasan sebidang," harapnya. (Tribunbanyumas/jti)

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved