Breaking News:

Berita Banyumas

Didukung Pengusaha Angkutan Kota, Trans Banyumas Raya Ditarget Beroperasi Februari 2021

Sistem transportasi umum dengan konsep buy the service (BTS) yang dinamai Trans Banyumas Raya ditargetkan dapat mulai beroperasi pada Februari 2021.

TRIBUNBANYUMAS.COM/PERMATA PUTRA SEJATI
Ilustrasi. Bus Trans Jateng melintas di wilayah Purwokerto, belum lama ini. Sebentar lagi, Banyumas juga bakal dilayani bus rapid transit kerja sama dengan pengusaha angkutan umum yang ada. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Sistem transportasi umum dengan konsep buy the service (BTS) yang dinamai Trans Banyumas Raya ditargetkan dapat mulai beroperasi pada Februari 2021 mendatang.

Terkait program ini, seorang pengusaha transportasi bus di Banyumas, Ipul, mengaku sangat mendukung. Hal ini diungkapkan Ipul saat menghadiri acara Diskusi Rencana Survei Koridor Trans Banyumas Raya di Pendopo Si Panji Purwokerto, Jumat (16/10/2020).

Meskipun ada individu yang melakukan penolakan namun hal itu dapat dikomunikasikan secara baik. Karena, program ini bertujuan meningkatkan pelayanan transportasi di Banyumas.

Ketua Koperasi Pengusaha Angkutan Kota (Kopata) Banyumas Suroso juga mendukung penuh program ini. Apalagi, menurutnya, dalam kondisi pandemi Covid-19 para pengusaha angkutan sedang mengalami keprihatinan.

"Jelas, saat ini jelas ada penurunan penumpang. Kami akhirnya menyatu dan akan memiliki kesempatan banyak terkait program ini," jelasnya.

Baca juga: Banyumas Segera Punya BRT: Difasilitasi Kemenhub, Direncanakan Punya 6 Koridor

Baca juga: Kemenhub Ingin BRT Banyumas Buka Koridor ke Purbalingga dan Cilacap

Baca juga: Hingga 2023 Ditarget Sudah Miliki Tujuh Koridor BRT Trans Jateng, Gubernur: Kurang Tiga Lagi

Menurutnya, sopir angkutan yang ada saat ini, nantinya bakal berpartisipasi sebagai sopir Trans Banyumas Raya. Namun, mereka harus lolos uji.

Setidaknya, saat ini ada 328 armada angkutan kota, dengan jumlah keanggotaan Kopata tercatat hingga 240 orang.

"Terkait usulan koridor, sudah melalui proses pemaparan," ujarnya.

Ada 6 koridor yang direkomendasikan oleh Pemkab Banyumas namun masih dalam tahapan finalisasi.

Enam koridor tersebut yaitu di Patikraja-Baturraden, Purwokerto-Ajibarang, Purwokerto-Banyumas, Terminal Banyumas-Terminal Kebondalem, Terminal Karanglewas-Terminal Kebondalem, Terminal Tipe A Bulupitu-Terminal Kebondalem.

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved