Berita Banyumas

Diminati, Masa Operasi KA Baturraden Ekspres Diperpanjang hingga 11 Januari 2023

Perseroan Terbatas (PT) KAI Daop 5 Purwokerto menambah operasi layanan KA Baturraden Ekspres hingga Rabu (11/1/2023).

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
ISTIMEWA/HUMAS PT KAI DAOP 5 PURWOKERTO
Petugas Stasiun Purwokerto, Banyumas, melepas keberangkatan KA Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Bandung. PT KAI Daop 5 Purwokerto memperpanjang masa operasi kereta tersebut hingga 11 Januari 2023 lantaran banyaknya minat penumpang. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Perseroan Terbatas (PT) KAI Daop 5 Purwokerto menambah operasi layanan KA Baturraden Ekspres hingga Rabu (11/1/2023).

Manager Humas Daop 5 Purwokerto Krisbiyantoro mengatakan, perpanjangan masa operasi KA Baturraden Ekspres dilakukan untuk mengakomodir pelanggan yang ingin bepergian menggunakan moda transportasi kereta api dari Purwokerto tujuan Bandung.

Perpanjangan masa operasi kereta api dilakukan lantaran animo masyarakat masih cukup tinggi.

"Selama ini, untuk menuju Stasiun Bandung, masyarakat hanya dilayani oleh satu kereta api kelas ekonomi yaitu KA Serayu," kata Krisbiyantoro dalam keterangan resmi yang dikirim Minggu.

Baca juga: Catat! Perubahan Jadwal dan Rute Kereta Api Baturraden Ekspres pada Libur Nataru 2022/2023

Baca juga: Imbas Banjir Semarang, Hampir 6 Ribu Calon Penumpang Kereta Api Batalkan Tiket Perjalanan

Menurutnya, sejak KA Baturraden Ekspres dioperasikan lagi pada 21 Desember 2022, okupansi penumpang menunjukkan tren positif.

Daop 5 Purwokerto mencatat, okupansi tertinggi terjadi pada tanggal 24 Desember 2022, sebanyak 482 penumpang, atau mencapai 114,76 persen dari jumlah ketersediaan tempat duduk sebanyak 420 kursi.

Sementara, hingga Minggu (8/1/2023), pukul 15.00 WIB, jumlah penumpang KA Baturraden Ekspres sejak 21 Desember 2022 mencapai 6.655 penumpang.

Atau, rata-rata per hari, jumlah penumpang mencapai 350 orang.

Relasi perjalanan KA Baturraden Ekspres yang semula berangkat dari Stasiun Purwokerto dengan tujuan stasiun Cikampek–Bandung PP berubah menjadi keberangkatan dari Stasiun Purwokerto menuju Kroya–Tasikmalaya–Bandung PP.

"Guna mengoptimalkan okupansi angkutan penumpang dengan memanfaatkan idle seat pada relasi tertentu maka diberlakukan pula tarif khusus pada KA Baturraden Ekspres," ucap Krisbiyantoro.

Baca juga: Cegah Kecelakaan, PT KAI Daop 5 Purwokerto Tutup 30 Perlintasan Sebidang Tak Terjaga

Baca juga: Manjakan Penumpang Kereta, PT KAI Daop 5 Hadirkan Stan Ngopi Santuy di Stasiun Purwokerto

Relasi tersebut di antaranya perjalanan dari Purwokerto-Kroya dan arah sebaliknya, mendapatkan tarif khusus sebesar Rp35 ribu kelas eksekutif dan Rp30 ribu kelas bisnis.

Sedangkan relasi Kroya-Tasikmalaya dan arah sebaliknya, tarif khusus ditetapkan sebesar Rp90 ribu kelas eksekutif dan Rp70 ribu untuk kelas bisnis.

"Kami berharap, masyarakat dapat memanfaatkan perjalanan KA Baturraden Ekspres sekaligus perjalanan kereta api lain karena PT KAI terus berkomitmen menyediakan moda transportasi yang sehat, selamat, aman, dan nyaman," ungkapnya.

Krisbiyantoro juga menambahkan, informasi terkait perjalanan kereta api dan pemesanan tiket KA Baturraden Ekspress untuk keberangkatan tanggal 9 Januari 2023 sampai dengan 11 Januari 2023 sudah dapat dilayani dan dipesan melalui aplikasi KAI Access maupun kanal resmi yang bekerjasama dengan PT KAI. (*)

Baca juga: Dua Bocah Kakak Beradik Tewas di Wahana Air di Wedarijaksa Pati, Ditemukan Petugas sebelum Tutup

Baca juga: HOAKS, Siswa SD Sokanegara Banyumas Dikabarkan Buta akibat Lato-lato

Baca juga: Ditolak Ramai-ramai Parpol, Apa Itu Pemilu Sistem Proposional Tertutup?

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved