Sekeluarga Meninggal di Magelang

FAKTA Baru: DDS Gunakan Nomor Palsu di Mobil yang Digunakan untuk Membeli dan Menyimpan Racun

Mobil Innova bernomor polisi K 17 DA yang digunakan oleh tersangka Dhio Daffa Syadilla DDS ternyata menggunakan plat nomor palsu.

Editor: Pujiono JS
Tribun Jogja/Nanda Sagita Ginting
Mobil Innova berplat K 17 DA yang digunakan tersangka DDS untuk mengambil dan menyimpan racun sianida dan arsenik. Polisi menahan mobil ini di Mapolresta Magelang, Rabu (30/11/2022) sebagai barang bukti kasus pembunuhan. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, MAGELANG - Mobil Innova bernomor polisi K 17 DA yang digunakan oleh tersangka Dhio Daffa Syadilla alias DDS ternyata plat nomor palsu.

Dalam menjalankan aksi jahatnya DDS mengendarai mobil sewaan untuk mengambil racun sianida dan racun arsenik yang dibelinya secara daring dan kemudian menyimpan racun itu di dalam mobil.

Racun itulah yang kemudian digunakan DDS untuk membunuh ayah Abbas Ashar (58), ibu Heri Riyani (54), dan kakaknya Dhea Choirunnisa (24).

Dirreskrimum Polda Jateng, Kombes Pol Djuhandani Rahardjo Puro, didampingi Kabid dokkes Polda Jateng Kombes Pol dr Sumy hastry Purwanti, Sp.F, dan Plt Kapolresta Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun seusai olah TKP di kediaman korban, Selasa (29/11/2022)
Dirreskrimum Polda Jateng, Kombes Pol Djuhandani Rahardjo Puro, didampingi Kabid dokkes Polda Jateng Kombes Pol dr Sumy hastry Purwanti, Sp.F, dan Plt Kapolresta Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun seusai olah TKP di kediaman korban, Selasa (29/11/2022) (Tribun Jogja/Nanda Sagita Ginting)

Mereka bertiga tewas di dalam kamar mandi rumah di Desa Prajenan, Mertoyudan, Kabupaten Magelang pada Senin (28/11/2022).

Polisi kemudian bergerak cepat menginvestigasi kasus ini hingga akhirnya DDS ditetapkan sebagai tersangka dan barang bukti sebuah mobil Innova bernomor polisi K 17 DA berhasil diamankan.

Plt Kapolresta Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun mengatakan polisi telah mendapat keterangan dari pemilik mobil rental tersebut yang mengatakan bahwa kendaraan miliknya bukan bernomor K 17 DA seperti yang ditemukan di Tempat Kejadian Perkara.

Baca juga: Paman Sanggah Motif DDS Meracuni Orangtua dan Kakak karena Terbebani Jadi Tulang Punggung Keluarga

Baca juga: Polisi Tahan Mobil yang Digunakan DDS untuk Mengambil dan Menyimpan Racun Arsenik dan Sianida

"Setelah kami lakukan pengecekan tidak teregister. Jadi, pelat yang benar adalah AA 1168 S. Ya, palsu yang memalsukan tersangka sendiri. Jadi, pemilik rental berasal dari wilayah Kabupaten Magelang," kata Sajarod pada Jumat (02/11/2022).

Ia menambahkan, dalih tersangka menggunakan mobil dan mengganti pelat kendaraan agar tidak dicurigai.

Serta, lebih mudah untuk menyimpan barang bukti.

"Mengingat yang bersangkutan belanja secara online, dan diambil paketnya ketika paket itu datang langsung ke tempat ekspedisi atau kurir. Dan, penyimpanannya dalam mobil tersebut. Adapun, mobil tersebut disewa oleh tersangka sejak tanggal 25 November kemarin," papar Sajarod.

Ia melanjutkan, tersangka juga berbohong ketika menyewa mobil tersebut.

DDS mengaku mobil tersebut akan digunakan untuk menjemput atasannya yang bekerja di salah satu perusahaan milik negara.

"Kepada pemilik kendaraan ketika merental, dia (tersangka) dengan alasan untuk mengantar pimpinannya pada saat itu menurutnya bekerja di PT KAI," ungkapnya.

Sejauh ini, lanjut Sajarod, penanganan kasus ini baru memeriksa empat saksi.

Namun, pihaknya akan memeriksa lebih banyak saksi lagi untuk mengungkap keseluruhan kasus pembunuhan keji ini.

"Kemarin kami periksa ada tiga saksi, dan jumlah total sementara mencapai empat saksi. Namun masih banyak saksi lagi nanti yang akan kami panggil, dan mintai keterangan terkait kejadian kemarin," pungkasnya. (*)

Plt Kapolresta Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun saat memberikan keterangan pada media di depan halaman Mapolresta Magelang, Rabu (30/11/2022)
Plt Kapolresta Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun saat memberikan keterangan pada media di depan halaman Mapolresta Magelang, Rabu (30/11/2022) (TRIBUNJOGJA.COM/Nanda Sagita Ginting)

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Tersangka Pembunuh 3 Anggota Keluarga di Magelang Palsukan Pelat Kendaraan Agar Tak Dicurigai

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved