Wisata Banjarnegara

Berkunjung ke Kawah Candradimuka di Dieng, Konon Tempat Lahirnya Gatotkaca

Kawah Candradimuka merupakan objek wisata alam yang berada di Banjarnegara, Jawa Tengah yang cukup populer di Dataran Tinggi Dieng

Penulis: Andra Prabasari | Editor: Pujiono JS
google review (Dwi Retnaningsih)
Kawah Candradimuka merupakan objek wisata alam yang berada di Banjarnegara, Jawa Tengah yang cukup populer di Dataran Tinggi Dieng 

TRIBUNBANYUMAS.COM- Kawah Candradimuka merupakan objek wisata alam yang berada di Banjarnegara, Jawa Tengah yang cukup populer di Dataran Tinggi Dieng.

Tempat ini merupakan kawah aktif yang dikaitkan dengan kisah Mahabarata, yang konon kawah tersebut merupakan tempat lahirnya Gatotkaca, putra Pandawa.

Baca juga: Wisata Sejarah di Benteng Pendem Cilacap

Baca juga: 6 Spot Wisata di Kebun Raya Baturaden yang Wajib Dikunjungi

Baca juga: 11 Destinasi Wisata Terdekat dari Bandara Purbalingga, Ada Peternakan dan Petik Stroberi

Dikutip dari laman visitbanjarnegara, Pemerintah Banjarnegara mempromosikan kawah ini sebagai tujuan wisata pada tahun 2001.

Di kawasan ini, terdapat tiga kawah aktif yang selalu mengeluarkan asap panas, bahkan suhu air di kawah ini bisa mencapai lebih 100 derajat Celcius.

Dilihat dari unggahan Youtube Indonesiakaya, untuk wisatawan yang ingin menuju ketiga kawah ini harus menuruni anak tangga terlebih dahulu.

Meski jarak tidak terlalu jauh, anak tangga menuju ke kawah cukup licin, ditambah dengan kabut yang keluar dari kawah membuat perjalanan pengunjung harus hati-hati.

Baca juga: Kompleks Candi Arjuna di Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara, Luasnya 1 Hektare

Baca juga: Gubernur Ganjar Ingatkan bahwa Dieng Culture Festival 2022 Bukan Perayaan Akhir Pandemi

Baca juga: Embun Es Menjadi Dilema Warga Dieng Banjarnegara: Tingkatkan Wisatawan namun Merusak Pertanian

Dalam cerita Mahabarata, Gatotkaca dilahirkan dalam wujud raksasa.

Oleh Batara Guru, Gatotkaca yang masih bayi dibawa ke Kawah Candradimuka yang sangat panas, lalu ia dicelupkan ke dalam kawah untuk menghilangkan sisi jahat yang ada di dalam dirinya (sifat raksasa).

Panasnya air kawah membuat Gatotkaca menjadi gagah perkasa.

Kawah Candradimuka merupakan objek wisata alam yang berada di Banjarnegara, Jawa Tengah yang cukup populer di Dataran Tinggi Dieng
Kawah Candradimuka merupakan objek wisata alam yang berada di Banjarnegara, Jawa Tengah yang cukup populer di Dataran Tinggi Dieng (google review (Fajar Hermawan))

Selain itu di kawasan ini terdapat sumber mata air alami yang dipercaya berkhasiat memberikan efek awet muda di wajah, maka tidak heran banyak pengunjung yang membasuh wajah di sumber mata air tersebut.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved