Berita Purbalingga

Bulan Dana PMI Purbalingga Dimulai. Tahun Ini, Target Dana Kemanusiaan Terkumpul Rp 1,7 Miliar

Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga mencanangkan kembali Bulan Dana PMI dan Bulan Pelajar Peduli Kemanusiaan Tahun 2022.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
ISTIMEWA/Pemkab Purbalingga
Ketua PMI Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat acara Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Purbalingga di Gedung OR Graha Adiguna, Jumat (22/7/2022). Tahun ini, PMI Purbalingga menargetkan Bulan Dana PMI 2022 menghimpun dana hingga Rp 1,7 miliar. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURBALINGGA - Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga mencanangkan kembali Bulan Dana PMI dan Bulan Pelajar Peduli Kemanusiaan Tahun 2022.

Penggalangan dana kemanusiaan ini akan berlangsung mulai 1 Juli-30 September 2022 dan ditargetkan bisa menghimpun dana hingga Rp 1,7 miliar.

Lewat rilis yang diterima, Ketua PMI Kabupaten Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, perolehan dana sosial ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Tentunya, saya harap, target yang ditetapkan tahun ini, yaitu Rp 1,7 miliar, bisa terealisasi. Syukur-syukur melebihi," kata Tiwi, sapaannya, dalam Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Purbalingga di Gedung OR Graha Adiguna, Jumat (22/7/2022).

Baca juga: Desa Gembong dan Karangtalun Purbalingga Ditetapkan BPS sebagai Desa Cantik, Ini Maksudnya

Baca juga: Kadin Purbalingga Ajak Gapensi dan Pemkab Bekerja Sama Pulihkan Ekonomi Pascapendemi Covid

Baca juga: Pemkab Purbalingga Optimistis BUMDes Rintisan Segera Naik Level, Ini Upaya yang Dilakukan

Tiwi yang juga bupati Purbalingga ini berharap bantuan berbagai pihak untuk menyukseskan penggalanan dana kemanusiaan ini.

Apalagi, seluruh dana yang diperoleh akan dikembalikan kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan PMI, baik di sektor kemanusiaan maupun kebencanaan.

"Pemerintah tidak bisa sendirian. Di tengah keterbatasan anggaran akibat pandemi, pemerintah harus bisa merangkul lembaga filantropi seperti PMI, Baznas juga bersama-sama mengentaskan permasalahan kemiskinan yang ada di depan mata," imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Tiwi memberi catatan atau evaluasi dari capaian Bulan Dana PMI dan Bulan Pelajar Peduli Kemanusiaan tahun lalu.

Ada sejumlah sektor yang belum tergali maksimal, di antaranya, sektor jasa konstruksi, sektor BUMN, serta perusahaan atau pabrik-pabrik.

"Untuk sektor yang dikoordinatori DPUPR, setiap tahun, tidak pernah mencapai target. Realisasinya minim."

"Padahal, kita bicara terkait jasa konstruksi, kontraktor."

"Apakah DPUPR tidak memberikan informasi kepada rekanan? Atau, rekanan yang apatis, tidak punya sense of humanity? Ini harus dievaluasi," terangnya.

Kemudian, dari sektor perekonomian, Tiwi juga mengevaluasi perolehan Bulan Dana PMI khususnya dari BUMN.

Baca juga: Bobol Kios Potong Ayam di Sokawera Purbalingga, Warga Kedungwuluh Gondol Golok hingga Pompa Air

Baca juga: Ajak Pelajar Jauhi Kenakalan Remaja, Kasi Intel Kejari Purbalingga Sambangi SMP Negeri 3 Kalimanah

Ia meminta kepada Bagian Perekonomian Setda Purbalingga mengumpulkan para pimpinan BUMN di Purbalingga turut menyukseskan Bulan Dana PMI.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved