Unnes

Unnes Buka Lowongan Dosen Non-PNS Fakultas Baru, Berminat? Ini Link Pendaftarannya

Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka 8 lowongan dosen non-Pegawai Negeri Sipil (PNS) fakultas baru yakni Fakultas Kedokteran (FK).

tribun/amanda
Gerbang Universitas Negeri Semarang (Unnes) Kampus Utama di Sekarang Gunungpati, Kota Semarang. Unnes membuka lowongan dosen non-PNS untuk fakultas baru. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SEMARANG - Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka 8 lowongan dosen non-Pegawai Negeri Sipil (PNS) fakultas baru yakni Fakultas Kedokteran (FK).

Kepala Humas Unnes, Muhammad Burhanuddin menyatakan, pembukaan lowongan dosen tersebut merupakan pemenuhan persyaratan pembukaan usulan Program Studi (Prodi) Kedokteran.

Adapun lowongan dan perekrutan dosen non-PNS ini karena Unnes telah memiliki dosen PNS yang akan mengisi kebutuhan SDM Fakultas Kedokteran nantinya.

"Unnes telah mendapatkan rekomendasi dari Menkes (Menteri Kesehatan, red) untuk membuka Prodi Kedokteran," Kata Burhanudin kepada Tribunbanyumas.com, Minggu (17/7/2022).

Baca juga: Rektor Unnes Prof Fathur: UKT Dipastikan Tidak Naik Naik, Ini Rinciannya!

Siapa yang memenuhi persyaratan menjadi dosen non-PNS bisa melihat informasi lebih lanjut serta mendaftar melalui portal unnes.ac.id.

"Terkait kapan FK Unnes mulai beroperasi manakala izin prodi dan izin fakultas diberikan.

Tanpa kedua izin tersebut tentu saja belum bisa beroperasi," ungkapnya.

Ia menambahkan, pembukaan Prodi Kedokteran tersebut harus memenuhi ketentuan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 dan penjelasan detail ada pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbud Ristek) Nomor 36 Tahun 2021.

Baca juga: Prof Martono Menang Pemilihan Rektor Unnes, Unggul Telak dengan Dua Kandidat Lain

Pada Permendikbud Ristek Nomor 36 Tahun 2021 disebutkan harus dipenuhi secara kelembagaan membentuk Fakultas Kedokteran, pemenuhan SDM, pemenuhan sarana-prasarana dan gedung fakultas, pemenuhan Rumah Sakit (RS) pendidikan, FK pembina, hingga kurikulum.

Burhanuddin menyatakan, rencananya gedung Kampus FK Unnes nantinya ada di Kampus Unnes Jalan Kelud Sampangan Kota Semarang.

Adapun target mahasiswa angkatan pertama bila telah resmi beroperasi, sesuai dengan ketentuan mahasiswa yang akan diterima pertama kali ketika diberikan izin adalah 50 mahasiswa, baik melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM) Unnes.

Namun terdapat hal yang harus dipahami oleh seluruh mahasiswa yang nantinya diterima di FK Unnes, harus menandatangani pakta integritas.

Baca juga: Perayaan Dies Natalis Unnes Diwarnai Aksi Protes BEM, Ini Tuntutan Mereka!

Pakta integritas tersebut ialah komitmen setelah lulus harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia yang membutuhkan dokter.

"Komitmen ini merupakan komitmen Unnes untuk berkontribusi pada isu pelayanan kesehatan di Indonesia, yakni jumlah atau produksi dokter yang masih kurang dan distribusi penugasan yang tidak merata.

Serta kualitas lulus yang profesional atau unggul," pungkasnya.(*)

Baca juga: Unnes Berikan Penghargaan kepada Menteri Nadiem Makarim dan Musisi Ebiet G Ade

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved