Berita Cilacap

Hari Jadi Ke-166 Kabupaten Cilacap Bakal Digelar Sederhana, Berikut Rangkaian Acara yang Disiapkan

Pemkab Cilacap menggelar Rapat Persiapan Kegiatan Peringatan Hari Jadi ke-166 Kabupaten Cilacap di Ruang Jalabhumi Sekretariat Daerah Cilacap, Senin.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TribunBanyumas.com/Yunan Setiawan
ILUSTRASI. Simpang Alun-alun Cilacap. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, CILACAP - Pemkab Cilacap menggelar Rapat Persiapan Kegiatan Peringatan Hari Jadi ke-166 Kabupaten Cilacap di Ruang Jalabhumi Sekretariat Daerah Cilacap, Senin (31/1/2022).

Hari Jadi tersebut diperingati 21 Maret 2022 mendatang.

Rapat tersebut dibuka Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dilanjutkan Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf sebagai pimpinan rapat.

Bupati Cilacap Tatto mengatakan, ulang tahun ini, tema yang diusung 'Mantapkan Bangga Mbangun Desa Menuju Cilacap Sehat dan Sejahtera'.

Kemudian, logo Hari Jadi Cilacap Tahun 2022 menampilkan angka 166 dengan memadukan berbagai warna layaknya pelangi, dengan menyisipkan tulisan Cilacap dan Bangga Mbangun Desa.

Baca juga: Pasangan Suami Istri Asal Adipala Cilacap Ditangkap Polisi, Jual Kamera yang Dirental di Banyumas

Baca juga: Ibu dan Anak di Cilacap Tertemper KA Serayu saat Swafoto. Ibu Tewas di Tempat, Anak Dilarikan ke RS

Baca juga: Antisipasi Penambahan Kasus Omicron, Cilacap Siapkan Balai Diklat sebagai Tempat Isolasi Terpusat

Baca juga: 12 Orang Kontak Erat Kasus Omicron di Cilacap Jalani Tes, Bupati Cilacap: Semua Negatif

Tatto mengatakan, peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap selama dua tahun sebelumnya dirayakan secara sederhana dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

"Maka, karena semua ini tidak ada yang bisa memastikan, ini semua karena ketidakpastian."

"Apakah pasti ketika besok, saat Peringatan Hari Jadi, Omicron sudah tidak ada? Pastikah angka Covid-19 menurun? Sehingga, kita harus memperhatikan adanya Covid-19 tanpa mengurangi kekhidmatan karena yang paling penting adalah makna dari Hari Jadi," ujar Tatto dalam rilis, Senin (31/1/2021).

Sementara, Sekda Farid, dalam paparannya, menyampaikan bahwa Peringatan Hari Jadi ke-166 akan diselenggarakan secara sederhana seperti tahun sebelumnya, mengingat masih adanya pandemi Covid-19 di Kabupaten Cilacap.

Menurut Farid, fokus pemkab saat ini adalah penanganan Covid-19.

Hal ini juga disampaikan Farid kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap Arida Puji Hastuti yang terpilih sebagai Ketua Umum Panitia Hari Jadi ke-166 Kabupaten Cilacap.

"Kita lebih ke penanganan Covid-19 di Cilacap, apalagi diperkirakan oleh Pak Luhut bahwa Omicron diperkirakan akan meledak pada Februari dan Maret."

"Sehingga, setelah berdiskusi dengan Pak Bupati maka peringatan ke-166 ini tidak jauh berbeda dengan kegiatan tahun lalu."

"Sesuai petunjuk Pak Bupati juga maka Ketua Umum Panitia Peringatan Hari Jadi agar diketuai oleh wanita sehingga disepakati ketua umum adalah Kadinsos Bu Arida," imbuhnya.

Arida yang mendapat mandat tersebut mengucapkan terima kasih dan meminta kerja sama agar nantinya peringatan ulang tahun Kabupaten Cilacap dapat berjalan sukses.

Baca juga: Satpol PP Purbalingga Gencarkan Lagi Patroli Malam, Bubarkan Kerumunan untuk Cegah Omicron

Baca juga: KABAR DUKA, Penyanyi Dangdut Asal Batang Nurman Hidayat Meninggal Dunia

Baca juga: Viral, Tarif Parkir di Kota Lama Semarang Mahal. Satu Bus Ditarik Rp 100 Ribu

Baca juga: Asal Usul Bahasa Ngapak di Banyumas Raya, Ternyata Warisan Majapahit

Arida juga memaparkan acara inti perayaan ulang tahun nantinya diawali dengan Semaan dan Khataman Alquran, kemudian dilanjutkan ziarah di TMP Surengrono dan TPU Karangsuci, pada Minggu, 20 Maret 2022.

"Kemudian, pada Senin, 21 Maret 2022, akan dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-166 Kabupaten Cilacap dengan memakai beskap."

"Ditutup dengan Rapat Paripurna DPRD sekaligus Penyerahan Pataka dari Ketua DPRD Ke Bupati Cilacap," jelasnya.

Arida juga mengatakan, beberapa rencana acara atau kegiatan penunjang Peringatan Hari Jadi Ke-166 Kabupaten Cilacap yang akan dilakukan di antaranya khitan massal 10 anak, santunan anak yatim/yatim piatu/keluarga tidak mampu 10 anak per kecamatan, donor darah, MTQ umum dan pelajar, lomba BMX cross, dan Criterium Cilacap Open. (Tribunbanyumas/jti)

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved