Breaking News:

Berita Purbalingga

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Bupati Purbalingga Ajak Masyarakat Dukung Difabel Mandiri

Peringatan International Day Of People With Disability atau Hari Disabilitas Internasional (HDI), 3 Desember 2021, di Purbalingga digelar sederhana.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/DOK HUMAS PEMKAB PURBALINGGA
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi melepas empat atlet dan satu official dari Purbalingga untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua, di Pringgitan Pendopo Dipokusumo, Jumat (24/9/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURBALINGGA - Peringatan International Day Of People With Disability atau Hari Disabilitas Internasional (HDI), 3 Desember 2021, di Purbalingga digelar secara serderhana.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengungkapkan, Peringatan HDI setiap tahun adalah menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi penyandang disabilitas.

"Selamat Hari Disabilitas Internasional Tahun 2021. Mari kita jadikan momentum ini untuk menegaskan kepedulian dan memperkuat solidaritas dalam meletakan dasar yang kuat bagi perlindungan penyandang disabilitas, yaitu dari paradigma karitatif dan charity based menjadi paradigma yang human rights based," kata Bupati Tiwi, sapaan bupati, dalam rilis, Jumat (3/12/2021).

Tahun ini, HDI bertemakan Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel, dan Berkelanjutan Pasca-Covid-19.

Baca juga: Pelukis Purbalingga Chune Ebeg Mayong Gelar Pameran Tunggal, Angkat Tema Batu Bertuah Nogo Sui

Baca juga: Gaji Tak Cukup, Penjaga Sekolah di Purbalingga Nyambi Jualan Ganja. Terima Pasokan dari Luar Jawa

Baca juga: Sambut Hari Disabilitas, Siswa SLB di Purwokerto Baca Puisi: Inilah yang Aku Terima, Terimalah Aku

Baca juga: Di Hari Difabel Internasional, Jirno Berharap Ada Pendampingan Pemasaran UMKM bagi Difabel

Tema tersebut mengandung maksud, peringatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas dan menghilangkan stigma terhadap penyandang disabilitas.

Selain itu, memberikan sokongan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan, baik sosial, ekonomi, maupun politik.

Tiwi mengatakan, Pemkab Purbalingga bangga kepada difabel Purbalingga yang sudah menorehkan prestasi dalam Peparnas Papua 2021.

Dalam ajang nasional tersebut, mereka membawa pulang tiga medali emas dan dua medali perak.

"Hal itu membuktikan bahwa mereka memiliki kemampuan yang sama dengan lainnya. Untuk itu, marilah kita semua menghilangkan stigma negatif terhadap difabel yang menyebutkan mereka lemah dan tidak memiliki kemampuan," ungkapnya. (Tribunbanyumas/jti)

Baca juga: Selamat! Aplikasi Siappmas dan Salinmas Banyumas Masuk Top 10 Inovasi Kabupaten/Kota di Jateng

Baca juga: Protes Tak Dapat Lapak di Pasar Johar, Pedagang Kirim Karangan Bunga ke Disdag Kota Semarang

Baca juga: 1 Januari Warga Kebumen Diminta Stay at Home, Pasar dan Tempat Wisata Tutup

Baca juga: Ular Kobra Teror Warga Pesawahan Banyumas, Tagana Lakukan Perburuan

Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved