Breaking News:

Berita Cilacap

BMKG Prediksi Terjadi Gempa Megathrust Lebih dari 8 SR di Cilacap, Ini Antisipasi yang Disarankan

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memperkirakan potensi gempa melebihi 8 SR terjadi di sekitar Cilacap.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/HUMAS PEMKAB CILACAP
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memukul gong sebagai tanda dibukanya sekolah lapang cuaca nelayan yang dilaksanakan di Gedung Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Selasa (28/9/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, CILACAP - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memperkirakan potensi gempa melebihi 8 SR terjadi di sekitar Cilacap.

Antisipasi potensi gempa yang masuk kategori Gempa Megathrust ini harus dilakukan sejak dini, satu di antaranya, perlu adanya sekolah lapang cuaca nelayan.

"Kami akan memberikan program bagaimana kesiapsiagaan dalam mengatasi ancaman gempa megathrust yang berpotensi membangkitkan tsunami menuju ke pantai Cilacap."

"Nanti, sudah disiapkan jalur evakuasi, sistem peringatan dini, kemudian ada sistem yang yang di-launching nantinya menggunakan handphone."

"Besok, tanggal 4 Oktober akan di ujicoba," kata Dwikorita dalam rilis yang diterima Tribunbanyumas.com, Rabu (29/9/2021).

Baca juga: Dapat Hibah dari KKP Senilai Rp 4,4 Miliar, Pemkab Cilacap Berharap Hasil Sektor Perikanan Meningkat

Baca juga: Bakesbangpol Cilacap Kini Bisa Akses Data Pemilu dari KPU, Ini Tujuannya

Baca juga: 72 Siswa SMA Negeri 2 Cilacap Positif Covid, Jalani Tes Antigen saat Kunjungan Presiden Jokowi

Baca juga: Nahkoda Kapal Pengayom IV Cilacap Jadi Tersangka, Dinilai Lalai dalam Kasus Tenggelamnya Kapal

Dwikorita pun meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan sambil terus memantau pemberitaan yang ada.

Namun, dia memingatkan agar warga lebih pintar dalam mempercayai sebuah berita, terutama saat mendapat informasi perihal gempa dan tsunami atau seputar BMKG agar tak mudah termakan hoaks.

Untuk memastikan kebenaran informasi yang didapat, masyarakat dapat menghubungi callcenter BMKG di nomor 196 atau melalui aplikasi mobile phone INFO BMKG.

Hal itu disampaikan Dwikorita saat membuka Sekolah Lapang Cuaca Nelayan 2021 di Gedung Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Selasa (28/9/2021).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong. Dalam kesempatan itu, Dwikorita didampingi Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti, dan Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved