Breaking News:

Penanganan Corona

Masuk Indonesia, WNA Wajib Kantongi Surat Vaksin Covid. Berlaku Mulai 6 Juli

Mulai 6 Juli 2021, seluruh warga negara asing (WNA) yang masuk Indonesia, wajib menunjukkan kartu atau bukti vaksin.

Editor: rika irawati
Shutterstock via Kompas.com
Ilustrasi penumpang pesawat berpergian di tengah pandemi Covid-19. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Mulai 6 Juli 2021, seluruh warga negara asing (WNA) yang masuk Indonesia, wajib menunjukkan kartu atau bukti vaksin.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dikutip dari Kompas.com, Minggu (4/7/2021).

"Seluruh WNA yang ke Indonesia, mulai 6 Juli 2021, harus menunjukkan kartu vaksin (fully vaccinated) dan hasil PCR negatif Covid-19 sebelum bisa masuk Indonesia," katanya.

Baca juga: Syarat Bepergian Jarak Jauh Naik Transportasi Umum saat PPKM Darurat: Wajib Tunjukkan Kartu Vaksin

Baca juga: PPKM Darurat Diterapkan 3-20 Juli, Ini Aturan Lengkap terkait Pembatasan Kegiatan

Namun, pengecualian sertifikat vaksin diberikan kepada diplomat dan kunjungan pejabat asing setingkat menteri, sesuai praktik hubungan diplomatik yang juga diterapkan negara lain.

Sementara, untuk WNI yang akan masuk ke Indonesia namun belum mengantongi kartu vaksin, harus terlebih dahulu menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 dari RT-PCR sebelum kedatangan.

Kemudian, setelah dikarantina dan terbukti hasil RT-PCR yang kembali dilakukan adalah negatif Covid-19 maka WNI tersebut akan langsung diberikan vaksin.

Sesuai aturan karantina yang ditetapkan pemerintah, baik bagi WNA maupun WNI dari luar negeri dan tiba di Indonesia, akan menjalani karantina selama 8 hari dengan 2 kali test RT-PCR, yaitu saat kedatangan dan pada hari ke-7 masa karantina.

Juru Bicara Kemenko Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi menjelaskan, batas masa karantina selama 8 hari telah sesuai arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Pertimbangannya, dibutuhkan pengetatan masa karantina pelaku perjalanan internasional sebagai bentuk peningkatan kewaspadaan menghadapi variant of concern.

Kemudian, median inkubasi virus SARS-CoV-2 varian Delta dan Alpha adalah 4 hari maka masa karantina 8 hari berarti mencakup dua kali lipat median masa inkubasi virus tersebut.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved