Breaking News:

Berita Nasional

Komandan KKB Lesmin Waker Tewas dalam Kontak Senjata dengan Pasukan Gabungan TNI-Polri

Satu di antara komandan pasukan pintu angin KKB di Papua, Lesmin Waker, tewas dalam kontak senjata KKB dan pasukan gabungan TNI-Polri.

TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
ILustrasi. Kontak tembak kembali terjadi di Intan Jaya, Papua. Kontak tembak terjadi di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. Personel Satgas Yonif Raider 400/BR yang sedang patroli untuk menjamin keamanan warga masyarakat, ditembak KKB pada Jumat (6/11/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, TIMIKA - Komandan Pasukan Pintu Angin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Lekagak Telenggen, Lesmin Waker, tewas dalam kontan senjata dengan pasukan TNI-Polri di wilayah Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (13/5/2021).

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudusy mengatakan, Lesmi adalah salah satu penembak Bharatu (Anumerta) I Komang Wira Natha yang gugur beberapa waktu lalu.

"TKP kontak tembak berada di sekitar Kampung Wuloni yang diduga sebagai salah satu tempat persembunyian kelompok teroris Lekagak Talenggeng," kata Kombes Iqbal, Jumat (14/5/2021).

Baca juga: Kepala BIN Daerah Papua Gugur, Jadi Korban Penembakan KKB

Baca juga: Anggota Satgas Yonif Rider 400/BR Tewas saat Patroli di Titigi Papua, Kontak Senjata dengan KKB

Baca juga: Oknum Brimob Diduga Berulang Kali Jual Senjata ke KKB Papua, Berikut Penjelasan Mabes Polri

Baca juga: Rombongan Polisi Ditembaki KKB di Distrik Sugapa, Seusai Antar Wakapolda Papua ke Bandara Bilorai

Iqbal menuturkan, pasukan TNI-Polri juga berhasil menyita sejumlah barang bukti di antaranya satu helm militer, dokumen, berbagai senjata tajam, panah, dan ponsel.

Iqbal menambahkan, Rabu (12/5/2021), pasukan gabungan juga telah melakukan penindakan terhadap anggota KKB di Kampung Tagalowa.

Sebelumnya, kelompok ini melakukan penembakan dan berhasil dihalau.

Pasukan TNI-Polri pun berhasil menguasai kamp KKB di Kampung Tagalowa dan menemukan sejumlah barang bukti di antaranya tiga bendera bintang kejora, satu buku cetak menuju Papua baru, empat kapak, tiga linggis, empat parang, satu palu, 46 anak panah, dan satu busur.

"Pengejaran terus dilakukan oleh personel TNI-Polri setelah penguasaan kamp Wuloni," ujar Kombes Iqbal.

Kontak senjata antara pasukan gabungan TNI-Polri dan KKB terjadi Kamis (13/5/2021) pukul 07.30 WIB, di Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Baca juga: Jangan Sampai Didenda, Perpanjangan SIM yang Habis saat Libur Lebaran Ditunggu Sampai 19 Mei

Baca juga: Penjual Bahan Mercon Maut yang Meledak di Undaan Kudus Jadi Tersangka, Terancam 20 Tahun Penjara

Baca juga: Ingin Wisata ke Grojogan Sewu Tawangmangu, 15 Mobil asal Jatim Diputar Balik di Pos Cemoro Kandang

Baca juga: Penyekatan di Perbatasan Diperpanjang Hingga 24 Mei, Pemudik yang Terjaring Bakal Diputar Balik

Pasukan gabungan TNI yang terlibat baku tembak melawan kelompok yang telah dicap teroris oleh pemerintah itu berasal dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad), dan Batalion Infanteri (Yonif) 500/R. Sedangkan dari Polri salah satunya berasal dari Brimob. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Komandan KKB Lesmin Waker Tewas Saat Baku Tembak dengan Prajurit TNI-Polri".

Editor: rika irawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved