Breaking News:

Berita Pati

38 Calon Kades di Pati Berebut Suara dengan Anggota Keluarga, Bupati: Tahapan Tetap Sesuai Aturan

Tercatat ada 38 calon kepala desa (kades) di Kabupaten Pati bakal berkompetisi melawan anggota keluarga dalam Pilkades Serentak 10 April 2021.

TRIBUNBANYUMAS/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Para calon kepala desa dari kecamatan Pati, Gembong, dan Kayen, membacakan deklarasi Pilkades damai di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (25/3/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PATI - Tercatat ada 38 calon kepala desa (kades) di Kabupaten Pati bakal berkompetisi melawan anggota keluarga dalam Pilkades Serentak 10 April 2021.

Secara keseluruhan, ada 215 desa yang akan menggelar pilkades secara serentak pada hari tersebut.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, kompetisi anggota keluarga itu terjadi bukan murni karena ingin memperebutkan suara warga, melainkan sekadar memenuhi persyaratan.

Terkait hal ini, Haryanto memasatikan, proses pilkades tetap berlangsung prosedural dan tidak ada jalan pintas.

"Tapi, sekalipun lawannya itu keluarga sendiri, pemerintah dan panitia tetap menyiapkan mekanisme sama seperti desa yang calon-calonnya bukan keluarga. Tahapannya tetap sesuai aturan. Tidak bisa jalan pintas (langsung ditetapkan) sekalipun ikut pemilihan dengan keluarga sendiri," kata Haryanto dalam acara pembekalan calon kades dari Kecamatan Pati, Gembong, dan Kayen, di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (25/3/2021).

Baca juga: DPRD Kabupaten Pati Godok Raperda Penyandang Disabilitas, Wisnu: Masih Tahap Public Hearing

Baca juga: Partai Demokrat Pati Tolak KLB, Ketua DPC: Kami Setia kepada AHY

Baca juga: 680 Hektare Sawah Terendam Banjir, Bupati Pati Minta Pusat Tuntaskan Normalisasi Sungai Juwana

Baca juga: Di Forum Konsultasi Publik Rencana Kegiatan, Kadin Pati Kritisi Data Bantuan Bansos yang Tak Valid

Pembekalan ini merupakan tahap ketiga. Kegiatan ini sengaja dilakukan secara bertahap, tidak mengumpulkan seluruh Cakades sekaligus dalam satu waktu, demi menjaga protokol kesehatan.

Haryanto mengatakan, mulanya terdapat 219 desa yang akan mengikuti Pilkades. Namun, empat desa di antaranya batal menggelar pilkades lantaran cakades yang semula mendaftar, mengundurkan diri.

Keempat desa tersebut ialah Desa Margorejo Kecamatan Wedarijaksa, Desa Wirun Kecamatan Winong, Desa Kebonturi Kecamatan Jaken, dan Desa Cengkalsewu Kecamatan Sukolilo.

"Adapun jumlah desa yang telah ditetapkan calon-calon kadesnya ialah 188. Sementara, 27 lainnya belum. Kemudian, dari seluruh desa peserta Pilkades, yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai Cakades jumlahnya 456. Dari jumlah tersebut 151 orang merupakan petahana," urai Haryanto.

Dia menambahkan, terdapat 18 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengikuti Pilkades. Mereka antara lain berprofesi sebagai guru, bidan, perawat, dan dokter. Ada pula 4 anggota TNI aktif yang ikut Pilkades.

Halaman
12
Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved