Berita Purbalingga

Dilaporkan Polisi, Akun Palsu Bupati Purbalingga Resahkan Warganet. Begini Modusnya Mencari Korban

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi melaporkan akun palsu yang mengatasnamakan dirinya di Facebook, ke Polres Purbalingga, Jumat (15/1/2021).

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/Istimewa
Tangkap layar perbandingan akun asli dan palsu di Facebook milik Bupati Purbalinga Dyah Hayuning Pratiwi yang dipublikasikan pemkab. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURBALINGGA - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi melaporkan akun palsu yang mengatasnamakan dirinya di Facebook, ke Polres Purbalingga, Jumat (15/1/2021).

Bupati melaporkan kasus akun palsu tersebut agar segera ditindaklanjuti secara hukum karena telah mencemarkan nama baik namanya.

Melalui Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Purbalingga, Riyadi Sugeng Subroto, bupati yang akrab disapa Tiwi itu mengatakan, prosedur administrasi terkait pengaduan akun palsu Bupati Tiwi telah diserahkan ke Polres Purbalingga.

Pihaknya meminta Polres Purbalingga membantu mengusut secara tuntas dan menangkap pemilik akun palsu yang mengatasnamakan dirinya.

"Pada hari Jumat, kami telah mengirimkan surat ke Polres Purbalingga dan sudah diterima Kanit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter)," ujar Riyadi Sugeng Subroto dalam rilis yang diterima Tribunbanyumas.com, Minggu (17/1/2021).

Baca juga: Hati-hati, Ada Akun Palsu Facebook Bupati Purbalingga. Minta Uang Hingga Pulsa ke Netizen

Baca juga: Bupati Purbalingga Lapor Polisi, Beredar Akun Palsu Facebook, Digunakan untuk Tipu Warganet

Baca juga: Pemkab Purbalingga Belum Lirik GeNose C19 Buatan UGM, Kadinkes: Tunggu Keputusan Bupati

Baca juga: Dua Hajatan Dibubarkan Petugas, Terjadi di Wilayah Bobotsari Purbalingga, Begini Kata Kapolsek

Riyadi menyampaikan, ini bukan kali pertama ada akun palsu yang mengatasnamakan Bupati Tiwi.

Bahkan, akun palsu yang mengatasnamakan Bupati Tiwi telah melakukan penipuan dengan meminta kode verifikasi pada nomor Whatsapp beberapa pemilik Facebook.

"Akun palsu tersebut harus diusut tuntas agar tidak meresahkan warganet," katanya.

Bupati Tiwi menugaskan dirinya beserta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) serta Kasubag Bantuan Hukum pada Bagian Hukum Setda Purbalingga, untuk memproses lebih lanjut.

Ia berharap, pemilik akun palsu segera ditemukan dan diproses secara hukum.

"Ini menjadi pelajaran berharga agar berhati-hati dalam menggunakan media sosial," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinkominfo Kabupaten Purbalingga Yonathan Eko Nugroho meminta masyarakat Purbalingga berhati-hati dan waspada ketika menggunakan media sosial.

Media sosial yang ada digunakan secara baik, bukan untuk disalahgunakan demi kepentingan pribadi yang merugikan orang lain.

"Akun yang mengatasnamakan Bupati Tiwi memang sudah meresahkan. Saya mengimbau dan mengajak masyarakat Purbalingga bijak bermedsos," ujar Yonathan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved