Breaking News:

Berita Nasional

Hore, 745.415 Guru dan Dosen Non-PNS di Bawah Kemenag Juga Dapat Subsidi Gaji

Sebanyak 745.415 guru, tenaga kependidikan, hingga dosen non-PNS dari Kementerian Agama (Kemenag) akan memperoleh bantuan subsidi gaji dari pemerintah

Editor: rika irawati
TRIBUNNEWS.com
Ilustrasi gaji dan penghasilan. 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Sebanyak 745.415 guru, tenaga kependidikan, hingga dosen non-PNS dari Kementerian Agama (Kemenag) akan memperoleh bantuan subsidi gaji dari pemerintah.

Hal itu mengacu pada data validasi dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Alhamdulillah, proses validasi oleh BPJS sudah selesai. Ada 745.415 guru, tenaga kependidikan, dan dosen bukan PNS binaan Kementerian Agama yang tervalidasi," ucap Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah M Zain melansir laman Kemenag, Selasa (3/11/2020).

Zain mengatakan, saat ini, hasil validasi dari BPJS sedang diajukan ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu), setelah itu mereka akan memperoleh bantuan subsidi gaji.

Baca juga: Siap-siap, Subsidi Gaji Termin 2 bagi Karyawan Dijadwalkan Cair Awal November

Baca juga: Alhamdulillah, Guru Madin Ponpes dan TPQ Banjarnegara Kini Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Baca juga: Tak Semua Karyawan Swasta Mendapat BLT Subsidi Gaji dari Pemerintah, Begini Penjelasan Sri Mulyani

Bersamaan dengan pengajuan hasil validasi BPJS ke Kemenkeu, imbuhnya, pihak Itjen Kementerian Agama selaku Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) melakukan review sebagai bagian dari pengawasan internal.

"Kami semua berkewajiban mengawal program ini dari hulu sampai hilir. Bantuan ini sebagai wujud keperpihakan pemerintah kepada warganya, terlebih di tengah pandemi Covid-19," ungkap dia.

Adapun data hasil validasi BPJS, dia menuturkan, sebanyak 543.928 orang datang dari guru Raudlatul Athfal (RA) atau Madrasah, sebanyak 93.480 orang dari guru Pendidikan Agama Islam, sebanyak 17.476 orang dari dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam atau PTKI, dan sebanyak 2.111 datang dari ustaz Pendidikan Diniyah Formal atau PDF atau Satuan Pendidikan Muadalah (SPM).

Kemudian, sebanyak 532 datang dari dosen Ma’had Aly, sebanyak 73.714 datang dari tenaga kependidikan RA/Madrasah, sebanyak 7.444 datang dari tenaga kependidikan PTKI, sebanyak 2.134 datang dari guru pendidikan Keagamaan Kristen, sebanyak 2.005 datang dari guru kependidikan Keagamaan Katolik.

"Sebanyak 1.618 datang dari guru pendidikan Keagamaan Hindu, sebanyak 832 datang dari guru kependidikan Keagamaan Buddha, dan sebanyak 141 datang dari guru pendidikan Keagamaan Khonghucu," ujarnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "745.415 Guru dan Dosen NonPNS Kemenag Peroleh Subsidi Gaji".

Baca juga: Laga Pekan Ke-3 Liga Champions Dimulai Malam Ini, Berikut Jadwalnya: Ada Real Madrid Vs Inter Milan

Baca juga: UMK 2021 Blora Direncanakan Naik Rp 60 Ribu

Baca juga: Lagi, 1 Pejabat di Pemkab Banyumas Positif Covid-19 Diduga Tertular dari Suami

Baca juga: UU Cipta Kerja Diteken Presiden, Buruh Langsung Ajukan Uji Materi ke MK

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved