Breaking News:

Berita Banyumas

Pemdes Cibangkong Banyumas Gandeng Klub Aeromodeling Wujudkan Desa Wisata Dirgantara

Untuk mewujudkan Desa Wisata Dirgantara ini, pemerintah desa menggandeng sejumlah klub aeromodeling untuk latihan di lapangan desa.

TRIBUNBANYUMAS/Istimewa
Anggota klub Aeromodeling berlatih menerbangkan replika pesawat di lapangan Desa Cibangkong, Pekuncen, Banyumas, Minggu (6/9/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Keberadaan landasan paralayang dan gantole di Bukit Watu Kumpul Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, menginspirasi Kepala Desa Cibangkong Sarwoto menggagas desanya menjadi Desa Wisata Dirgantara.

Pasalnya, lapangan di desa tersebut menjadi lokasi pendaratan atlet paralayang dan gantole yang terbang dari Bukit Watu Kumpul.

Untuk mewujudkan Desa Wisata Dirgantara ini, pemerintah desa setempat menggandeng sejumlah klub aeromodeling di sekitar wilayah Banyumas untuk latihan di lapangan desa.

"Ide ini diawali ketika beberapa waktu lalu, lapangan desa menjadi tempat pendaratan kegiatan paralayang. Para atlet paralayang mulai terbang dari bukit Watukumpul Desa Petahunan, Pekuncen, dan mendarat di lapangan Desa Cibangkong," ujarnya Sarwoto dalam rilis yang diterima Tribunbanyumas.com, Selasa (8/9/2020).

Paralayang di Watu Kumpul Banyumas Bisa Jadi Magnet Wisatawan Asing

Baru, Bukit Watu Kumpul Dikembangkan untuk Wisata Paralayang

Jajal Olahraga Paralayang di Bukit Watu Kumpul, Bupati Banyumas: Bikin Nagih

Video Bikin Nagih, Terbang Paralayang di Bukit Watu Kumpul

Bahkan, pada Minggu (6/9/2020), sejumlah klub aeromodeling ikut menyemarakan acara terbang bersama di bawah binaan Binpotdirga (pembinaan potensi dirgantara) TNI Angkatan Udara Lanud Jenderal Besar Soedirman Purbalingga dan FASI Aeromodeling.

Mereka antara lain berasal dari Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, dan Soedirman Aeromodeling Club (SAC).

Beberapa pesawat aeromodeling jenis RC radio control, baik yang bertenaga baterai maupun mesin engine, ditampilkan dalam acara itu.

Tidak ketinggalan, ditampilkan pula pesawat jenis glider yang merupakan pesawat dasar aeromodeling untuk olahraga dirgantara.

Bahkan, beberapa anak yang merupakank warga sekitar lapangan, ikut berlatih menerbangkannya di bawah bimbingan dan binaan FASI Aeromodeling Banyumas.

Tampak juga pesawat jenis Helicopter RC yang diterbangkan oleh Welly, salah satu atlet senior nasional.

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved