Breaking News:

Pemuda Sukawera Banyumas Promosikan Potensi Desa Lewat Film Jajah Desa Milangkori

Para pemuda di Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, mempromosikan desanya melalui sebuah karya film berjudul Jajah Desa Milangkori.

TRIBUNBANYUMAS/Ist
Para warga di Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas saat melihat Film 'Jajah Desa Milangkori' pada Rabu (2/9/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Banyak cara mengenalkan potensi desa agar makin dikenal masyarakat luas, satu di antaranya melalui karya film.

Seperti yang dilakukan para pemuda di Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Mereka mempromosikan desanya melalui sebuah karya film berjudul 'Jajah Desa Milangkori'.

Film ini mengisahkan dua pemuda yang diberi tugas gurunya mencari ilmu di kehidupan nyata.

Dua pemuda yang merupakan santri ini juga diminta menularkan ilmu keagamaan kepada masyarakat yang mereka temui.

Film yang telah rampung produksi itu pun telah diputar perdana untuk ditonton warga di aula balai desa, Rabu (2/9/2020) malam.

Taman Balai Kemambang Dibuka Lagi, Penjualan Tiket Dilayani secara Daring

Ingin Pulihkan Ekonomi Akibat Wabah Covid-19, Pemkab Banyumas Berencana Utang Rp 200 Miliar ke Pusat

Tubuh Wigi Terseret Ombak dan Tenggelam saat Mandi di Pantai Teluk Penyu Cilacap

Larung Kepala Kerbau di Klidanglor Batang Tahun Ini Digelar Tanpa Wayangan

Kepala Desa Sokawera Mukhayat mengatakan, ide pembuatan film tersebut bermula dari upaya mengangkat potensi Desa Sokawera dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui kreativitas anak-anak muda.

Idenya dari masyarakat yang disampaikan ke pemuda desa, kemudian dituangkan melalui pembuatan film.

"Ide awal kami membuat film ini yaitu bagaimana agar potensi Desa Sokawera bisa dikenal masyarakat luas. Kami melihat, banyak anak-anak muda di sini berbakat membuat konten video. Maka, kami ajak kerjasama untuk merancang konsep film yang sesuai kondisi desa," ujar Mukhayat kepada Tribunbanyumas.com, Kamis (3/9/2020).

Mukhayat berharap, film tersebut menjadi sarana promosi Desa Sokawera untuk mengenalkan potensi yang ada, semisal potensi wisata di Bukit Kasturi, Baron Adventure Forest (Wana Pramuka), situs bersejarah Tabet Banyumudal, kesenian, serta sejumlah produk UMKM.

Mukhayat menuturkan, pembuatan film tersebut tidak didanai pemerintah desa. Namun, semua proses produksi dilakukan sukarela dari warga.

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved