Breaking News:

Calon Vaksin Covid-19 Telah Disuntik ke 110 Relawan, Tim Uji Klinis Klaim Tak Ada Keluhan

"(Total peserta uji klinis kloter pertama adalah) 110 (relawan), (mereka) tidak ada keluhan," kata Eddy saat dihubungi Senin (24/8/2020).

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Simulasi tersebut dilakukan untuk melihat kesiapan tenaga medis dalam penanganan dan pengujian klinis tahap III vaksin COVID-19 produksi Sinovac kepada 1.620 relawan. 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Uji Klinis fase 3 kandidat vaksin Covid-19 buatan perusahaan asal China, Sinovac, masih berlangsung di Bandung, Jawa Barat. Proses penyuntikan calon vaksin virus corona kepada para relawan ini dilakukan secara bertahap.

Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin Covid-19 dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran (Unpad) Eddy, Fadlyana, mengungkapkan kloter 1 terdapat 110 orang relawan yang disuntik vaksin tersebut pada 11-15 Agustus.

"(Total peserta uji klinis kloter pertama adalah) 110 (relawan), (mereka) tidak ada keluhan," kata Eddy saat dihubungi Senin (24/8/2020).

Jadi Relawan Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19, Driver Ojol: Ngantuk dan Nafsu Makan Meningkat

Vaksin Covid-19 Baru Bisa Diproduksi Massal Mulai Februari 2021, Ini Alasan Bio Farma

Calon Vaksin Covid-19 asal China Telah Disuntik ke 21 Relawan, Ini yang Mereka Rasakan

Meski tidak ada keluhan kesehatan yang spesifik, Eddy belum bisa memastikan apa efek vaksin ini terhadap tubuh manusia yang menerimanya.

"Baru besok dikumpulkan data-data," ujarnya.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, 21 Agustus 2020, ada relawan yang mengaku mengalami pusing, ada juga seorang relawan yang menyebut nafsu makannya meningkat setelah menerima suntikan calon vaksin Covid-19 itu.

Namun, Eddy menyebut, hal itu sebagai respons pribadi dari relawan, yang bisa saja ditentukan oleh banyak faktor.

Tambah 150 relawan akan disuntik

Untuk kloter kedua uji klinis calon vaksin Covid-19 dari China ini akan dimulai pada Jumat (28/8/2020).

"Besok baru skrining dulu, Jumat penyuntikan," ungkap Eddy.

Halaman
12
Editor: rika irawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved