Breaking News:

Berita Pendidikan

Penting Biar Makin Paham, Lima Tahapan Edukasi Anak tentang Virus Corona

Anak-anak saat membaca, mendengarkan, ataupun melihat informasi tersebut pun semakin membuat bertanya-tanya apa itu virus corona.

Editor: deni setiawan
Shutterstock
Ilustrasi Virus Corona. 

TRIBUNBANYUMAS.COM - Tak dimungkiri bila beberapa pekan terakhir ini, nama virus corona (Covid-19) seakan semakin masif terdengar.

Nyaris di setiap pemberitaan ataupun informasi yang diterima, tak terlepas dari virus corona, tak terkecuali di Indonesia.

Anak-anak saat membaca, mendengarkan, ataupun melihat informasi tersebut pun semakin membuat bertanya-tanya apa itu virus corona.

Pemilik RSKJ Mustajab Purbalingga Meninggal, Diseruduk Mobil Bak Terbuka, Sopir Menghilang

Pasien Terlantar Meninggal, Keluarga Kecewa Diperlakukan Tak Manusiawi, RSUD Jepara: Ruang IGD Penuh

Truk Masuk Tol Jatingaleh Semarang Dihentikan Petugas Bea Cukai, Dibongkar Isinya Rokok Ilegal

Nah, memberikan anak pemahaman tentang virus corona dan kondisi yang saat ini dialami oleh warga dunia bukanlah untuk menakut-nakuti anak.

Melainkan membuat anak tetap terhubung dengan dunia sekitar sehingga ia bisa berkontribusi untuk dirinya maupun lingkungan sekitar.

Untuk anak-anak usia lebih muda, yaitu jenjang PAUD hingga SD, memberikan edukasi yang tepat bagi anak akan membuat orangtua lebih mudah saat meminta anak melakukan langkah pencegahan.

Misalnya, saat meminta anak untuk rutin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker saat sakit, hingga anjuran "social distancing".

Diharapkan, anjuran tersebut lebih mudah diikuti anak bila ia mengetahui manfaat dari kegiatan-kegiatan tersebut untuk dirinya.

Dengan begitu, secara tak langsung orangtua sudah memberi bekal bagi anak untuk melindungi dirinya sendiri dari virus corona.

Untuk anak-anak yang lebih dewasa, memberikan edukasi yang tepat dapat membuatnya terhindar dari risiko kecemasan akan tertular.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved