Berita Nasional

23 Koruptor Dapat Hak Bebas Bersyarat, Berikut Nama-namanya: Ada Ratut Atut dan Zumi Zola

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) membebaskan 23 narapidana tindak pidana korupsi secara bersyarat.

Editor: rika irawati
TRIBUNNEWS/ISTIMEWA
Kolase foto koruptor penerima bebas bersyarat dari Kemenkum HAM (dari kiri ke kanan): mantan Gubernur Banten Ratu Atut, mantan Gubernur Jambi Zumi Zola, dan mantan jaksa Pinangki Sirna Malasari. Mereka mendapatkan hak bebas bersyarat bersama 20 koruptor lain. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) membebaskan 23 narapidana tindak pidana korupsi secara bersyarat.

Mereka mulai menghirup udara bebas pada Selasa (6/9/2022).

Di antara para koruptor tersebut, ada nama mantan Gubernur Banten Ratu Atut Choisiyah, mantan Gubernur Jambi Zumi Zola, dan mantan jaksa Pinangki Sirna Malasari.

"23 narapidana tipikor (tindak pidana korupsi) yang sudah dikeluarkan pada tanggal 6 September 2022, dari 2 lapas (lembaga pemasyarakatan), yaitu Lapas Kelas I Sukamiskin dan Lapas Kelas IIA Tangerang," kata Koordinator Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Rika Aprianti, dalam keterangan tertulis, Rabu (7/9/2022).

Baca juga: 1.276 Warga Binaan Lapas Nusakambangan Cilacap Terima Remisi HUT RI, 48 Orang Langsung Bebas

Baca juga: Jerinx Hirup Udara Bebas: Tobat Kritis di Medsos dan Fokus Bulan Madu

Menurut Rika, sepanjang 2022 sampai bulan September Direktorat Jenderal Pemasyarkatan telah menerbitkan 58.054 surat keputusan pembebasan narapidana semua kasus tindak pidana di seluruh Indonesia.

Pada September 2022, kata Rika, terdapat 1.368 narapidana dari seluruh Indonesia, yang mendapat pembebasan bersyarat, termasuk 23 koruptor tersebut.

Dia mengatakan, dasar pemberian hak bersyarat narapidana itu adalah Pasal 10 Undang-Undang Pemasyarakatan Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan atau UU Pemasyarakatan.

"Selain hak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9, narapidana yang telah memenuhi persyaratan tertentu tanpa terkecuali juga berhak atas remisi, asimilasi, cuti mengunjungi atau dikunjungi keluarga, cuti bersyarat, dan cuti menjelang bebas," jelasnya.

Berikut daftar nama 23 narapidana korupsi yang mendapat pembebasan bersyarat dari Kemenkum HAM:

Lapas Kelas IIA Tangerang:

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved