Unnes

Gunakan Metode Takakura, Dosen FMIPA Unnes Latih Warga Gunungpati Semarang Buat Kompos

Sejumlah dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (Unnes) memberikan pelatihan pembuatan kompos.

ist/dok dosen jurusan fmipa unnes
Sejumlah dosen dan warga sedang praktek pembuatan kompos dengan metode takakura di Kelurahan Jatirejo, Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SEMARANG - Sejumlah dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (Unnes) memberikan pelatihan pembuatan kompos kepada warga Kelurahan Jatirejo, Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kompos dibuat menggunakan konsep takakura.

Pembuatan kompos dengan takakura dibutuhkan sebagai cara mengurangi dan mengelola limbah rumah tangga di daerah tersebut.

Seperti diketahui, daerah ini merupakan kawasan daerah aliran sungai (DAS) Kreo, sehingga kawasan ini merupakan wilayah penyangga untuk menjaga kualitas dan kuantitas air.

Baca juga: Unnes Buka Lowongan Dosen Non-PNS Fakultas Baru, Berminat? Ini Link Pendaftarannya

Ketua tim dosen FMIPA Unnes, Miranita Khusniati MPd menyampaikan bahwa kegiatan ini difokuskan pada pengelolaan limbah rumah tangga organik.

"Limbah rumah tangga organik di daerah ini produksi hariannya tinggi di setiap rumah tangga," kata Miranita dalam keterangan tertulis, Senin (1/8/2022).

Pelatihan pengolahan limbah ini berlangsung pada hari Rabu (21/7/2022) di Balai Pertemuan Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu PKK kelurahan serta pengurus RT/RW di Kelurahan Jatirejo.

Baca juga: Rektor Unnes Prof Fathur: UKT Dipastikan Tidak Naik Naik, Ini Rinciannya!

Peserta sejumlah 30 orang antusias dalam mengikuti kegiatan baik saat materi maupun praktek.

Terkait pembuatan kompos dengan metode takakura, bila ditilik dari hasil akhirnya, tidaklah jauh berbeda dengan kompos yang biasa ditemukan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved