Berita Banyumas

Bantu Petani, Dosen IT Telkom Purwokerto Banyumas Ciptakan Alat Pengusir Hama Burung Berbasis Suara

Fikra Titan Syifa, Dosen Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi (TT) IT Telkom Purwokerto menciptakan alat pengusir hama burung di area persawahan.

Penulis: Imah Masitoh | Editor: rika irawati
ISTIMEWA/Humas ITTP
Tim IT Telkom Purwokerto, Kabupaten Banyumas, memasang alat pengusir burung di area persawahan milik petani di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Sabtu (9/7/2022). Alat ini diharapkan dapat mengusir hama burung sehingga meningkatkan kapasitas panen. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Fikra Titan Syifa, Dosen Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi (TT) IT Telkom Purwokerto menciptakan alat pengusir burung sebagai hama di area persawahan.

Alat yang diharapkan dapat membantu petani meningkatkan kapasitas panen ini menggunakan teknologi berbasis audio atau suara.

Alat ini dikenalkan Titan kepada petani di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, saat mengikuti Program Pengabdian Masyarakat, Sabtu (9/7/2022).

Sekitar 21 peserta yang tergabung dalam kelompok tani Desa Melung, mengikuti pemaparan materi yang disampaikan, hingga praktik langsung.

"Banyaknya peserta yang hadir pada kegiatan itu membuktikan bahwa topik tersebut disambut baik kelompok tani Desa Melung."

"Mereka berpartisipasi secara langsung dan terlihat sungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan, juga aktif bertanya terkait berbagai hal," ungkap Titan dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (11/7/2022).

Baca juga: Tiga Hewan Kurban di RPH Purwokerto Banyumas Positif PMK, Ini yang Dilakukan Petugas

Baca juga: Ramah Lingkungan, Panitia Iduladha di Kracak Banyumas Bungkus Daging Kurban Pakai Daun Jati

Materi perakitan rangkaian terdiri dari teori sinyal frekuensi (infrasonik dan ultrasonik) pada corong loudspeaker alat pengusir burung, pembacaan rangkaian skematik komponen elektronik untuk membuat alat.

Sementara, proses pemasangan dan pengaturan frekuensi menggunakan IC NE555, pemasangan catu daya menggunakan aki 12 volt.

Mereka juga menghitung jarak titik luas area persawahan dan pengenalan komponen elektronika yang digunakan.

Titan mengatakan, lewat pelatihan ini, nantinya, petani diharapkan dapat membuat rangkaian alat pengusir burung secara mandiri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved