Breaking News:

Berita Banyumas

Mudahkan Petani dan Nelayan Jual Produk, IT Telkom Purwokerto Kembangkan Aplikasi Petani.id

Tim riset IT Telkom Purwokerto mengembangkan aplikasi Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (Petani.id)

TRIBUNBANYUMAS/Istimewa
Tim riset di IT Telkom Purwokerto saat melakukan presentasi tentang Aplikasi Petani.id (Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Tim riset Institute Teknologi (IT) Telkom Purwokerto mengembangkan aplikasi Persaudaraan Mitra Tani Nelayan Indonesia (Petani.id)

Aplikasi ini merupakan media komunikasi dan publikasi produk petani dan nelayan.

Saat ini, Petani.id telah mempublikasikan kegiatan serta produk para petani dan nelayan melalui sebuah portal website www.petani.id.

Dalam pengembangan aplikasi Petani.id, ITTP berkolaborasi dengan Telkom Regional IV Jateng DIY.

Baca juga: Pakai Aplikasi Kembang Desa, Warga Tegal Bisa Peroleh Akses Pengadilan di Tingkat Kelurahan

Baca juga: Urus Adminstrasi Kependudukan di Kebumen Bisa dari Rumah, Cukup Pakai Aplikasi Pancen Maen

Baca juga: Belanja Kebutuhan Apapun Kini Cukup Pakai Aplikasi Dotukura, Tahap Awal Ada di Pasar Batang

Kepala Bagian Sentra Inovasi ITTP Sigit Pramono menyatakan bahwa hadirnya aplikasi Petani.id ditujukan untuk menjembatani antara penghasil produk (Petani dan Nelayan) dan pemakai produk (rumah tangga dan industri). Sehingga, dapat memotong proses distribusi produk langsung dari petani dan nelayan ke konsumen.

Aplikasi ini diharapkan mampu mengoptimalkan potensi pertanian yang ada di Indonesia, yang juga berimbas pada peningkatan kesejahteraan para petani.

Bahwasanya masyarakat yang semakin melek teknologi menjadi peluang dalam mengembangkan serta mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

"Adanya kolaborasi ini harapannya dapat menciptakan bisnis digital yang bersahabat serta menjadi solusi terpadu mengalirkan ekosistem pangan," kata OSM Regional Wholesale Service Telkom Regional IV Jateng-DIY, Erna Wiyati, dalam rilis yang diterima Tribunbanyumas.com, Kamis (15/10/2020).

Baca juga: Underpass Jenderal Soedirman dan Overpass Kebasen Diresmikan, Bupati Banyumas: Dulu Sering Macet

Baca juga: Karimunjawa Dibuka Lagi untuk Wisatawan Mulai Besok, Pengunjung Dibatasi dan Harus Daftar Via Daring

Baca juga: Bawa Spanduk dan Bagikan Pamflet, Petugas Minta Warga Prioritaskan Kereta saat di Perlintasan KA

"Terutama, dari hulu ke hilir yang mempertemukan petani dengan pembeli akhir serta stakeholder lainnya, baik di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan olahan pangan," imbuhnya.

Dalam aplikasi ini nantinya berisi beragam fitur, di antaranya menu Anggota Petani yang berisikan sajian data petani yang menjadi anggota organisasi.

Menu Warung Petani, berfungsi dalam menjembatani transaksi jual beli antara petani dan konsumen (supermarket, restaurant, perorangan).

Menu Komunitas Petani, yaitu menu yang berfungsi sebagai sarana untuk berbagi ilmu perihal pertanian (pengembangan bibit, budi daya tanaman atau ternak atau ikan, dll).

Kemudian, Menu Crowd Funding atau Kemitraan, memiliki fungsi untuk menjembatani kerjasama petani dengan investor dan lembaga pinjaman keuangan.

Menu Logistuk, berfungsi untuk pengantaran hasil panen/olahan pangan yang telah dibeli pembeli.

Menu Payment Gateway, dibuat sebagai alat bayar bagi para petani dan pembeli di platform Petani.id. (Tribunbanyumas/jti)

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved