Berita Banyumas

Basarnas Bentuk Unit SAR Banyumas, Kegiatan Pertolongan dan Penyelamatan Diharapkan Lebih Maksimal

Unit Siaga Search and Rescue (SAR) kini hadir di Banyumas. Keberadaannya diharapkan dapat memberikan manfaat bagi warga Kota Satria.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/PERMATA PUTRA SEJATI
Direktur Operasi dan Latihan BNPP Basarnas, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Wurjanto (tengah) didampingi Kepala Kantor SAR Cilacap I Nyoman Sidakarya (kanan), menyerahkan cenderamata kepada Bupati Banyumas Achmad Husein (kiri) dalam acara peresmian pembentukan Unit Pos SAR Banyumas, di Purwokerto, Selasa (15/3/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Unit Siaga Search and Rescue (SAR) kini hadir di Banyumas. Keberadaannya diharapkan dapat memberikan manfaat bagi warga Kota Satria.

Harapan ini disampaikan Bupati Banyumas Achmad Husein dalam Rapat Koordinasi SAR Daerah Tahun 2022 yang digelar Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap di Purwokerto, Selasa (15/3/2022).

Bupati bersyukur ada Basarnas Banyumas. Dia berharap, unit SAR ini dapat bekerja baik, mengayomi masyarakat, dan menolong masyarakat.

Husein mengatakan, rencana kehadiran Unit Siaga SAR di Banyumas pernah disampaikan Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, saat masih menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) atau Basarnas.

Pihaknya kemudian menindaklanjuti hingga akhirnya Unit Siaga SAR di Banyumas, yang menjadi bagian dari KPP/Basarnas Cilacap, dapat terwujud.

Baca juga: Banjir Banyumas dan Kebumen Akibat Hujan Ekstrim, BMKG Cilacap: Dipicu Siklon Tropis Billy

Baca juga: Suara Batu Berjatuhan Selamatkan Keluarga Sariman di Banyumas: Pas Saya Keluar, Longsor Timpa Rumah

Baca juga: Banjir Sempat Genangi Jalur Selatan Ruas Banyumas, Sopir Truk Terjebak Macet hingga 6 Jam

Baca juga: Banjir di Banyumas Memaksa 1.500 Warga Mengungsi, Lebih dari 700 Warga Menunggu Dievakuasi

Bupati mengatakan, setiap tahun pasti terjadi bencana alam di Banyumas.

Misalnya, tanah longsor, lantaran Banyumas memiliki kawasan lereng pegunungan.

Juga, bencana banjir yang lokasinya sudah dapat dipastikan, antara lain di Kecamatan Purwokerto Selatan, Kemranjen, Sumpiuh, dan Tambak.

Banyumas juga berada di sesar Ajibarang sehingga ketika terjadi gempa bumi, ada beberapa daerah di sekitar sesar tersebut yang terkena dampak.

"Oleh karena itu, hadirnya Unit Siaga SAR di Banyumas akan sangat menolong ketika terjadi bencana," katanya.

Menurutnya, ,Pemerintah Kabupaten Banyumas telah berupaya mengurangi risiko bencana, antara lain dengan membuat peta rawan bencana, termasuk membuat kolam retensi untuk mengendalikan banjir di Purwokerto Selatan.

Sementara, Direktur Operasi dan Latihan BNPP (Basarnas) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Wurjanto mengatakan, keberadaan SAR Banyumas adalah sarana konsolidasi antara Basarnas/KPP Cilacap dan dinas/lembaga yang ada di Kabupaten Banyumas, dalam rangka menguatkan kapasitas dan kapabilitas.

Selain itu, juga memperkokoh kerja sama dengan stakeholder, sekaligus berkontribusi terhadap penguatan Basarnas.

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 24 Dibuka Kamis 17 Maret 2022, Begini Cara Daftarnya!

Baca juga: 91 Hektare Sawah di Purbalingga Tergenang Banjir. 27 Hektare Padi di Antaranya Terancam Gagal Panen

Baca juga: Banjir Terjang Goa Jatijajar Kebumen, Barang Dagangan Penjual Ikut Hanyut

Baca juga: New Honda Genio Kini Tampil Lebih Bergaya

Terutama, dalam mewujudkan SAR nasional yang andal, terdepan, dan unggul dalam pelayanan jasa SAR di wilayah NKRI pada umumnya, dan di wilayah Kabupaten Banyumas pada khususnya.

"Entah itu kecelakaan pesawat, kecelakaan laut, bencana alam."

"Kemudian, kondisi membahayakan manusia, biasanya orang-orang jatuh di sungai, hanyut, dan lain-lain, yang membutuhkan pertolongan untuk penyelamatan," ujarnya didampingi Kepala KPP/ Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya.

Wurjanto pun berterima kasih kepada Pemkab Banyumas yang telah memberikan fasilitas gedung di Sokaraja sebagai markas Unit Siaga SAR.

Pembentukan Unit Siaga SAR adalah dalam rangka membantu setiap ada kejadian kedaruratan yang membutuhkan kehadiran insan SAR yang bisa bekerja dengan cepat. (Tribunbanyumas/jti)

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved