Breaking News:

Survei Pilpres 2024

Ramai Diberitakan sejak Jadi Menteri, Elektabilitas Risma Geser Sandiaga Uno. Prabowo Teratas

Survei yang dilakukan Parameter Politik Indonesia (PPI) menempatkan Prabowo Subianto dalam peringkat atas tokoh yang berpotensi jadi presiden 2024.

TRIBUNBANYUMAS/Istimewa
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi korban longsor di Desa Kalijering, Kecamatan Padureso, Kebumen, Jumat (12/2/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Survei yang dilakukan Parameter Politik Indonesia (PPI) menempatkan Prabowo Subianto dalam peringkat atas tokoh yang berpotensi terpilih sebagai presiden di pilpres 2024.

Dalam survei nasional dengan tema 'Evaluasi Kinerja Pemerintah dan Jalan Panjang Menuju 2024' itu, elektabilitas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno justru melorot.

Nama Sandi tergusur polularitas Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menjelaskan, dalam survei ini, responden diberikan pertanyaan terkait siapa yang akan dipilih menjadi Presiden RI, setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak boleh maju mencalonkan lagi pada 2024 nanti.

"Elektabilitas Sandiaga Uno justru menurun. Elektabilitas Sandi, pada survei sebelumnya, selalu masuk 5 besar. Saat ini, terdepak dari 5 besar. Disinyalir (turun karena) persepsi negatif masuknya Sandi ke Kabinet Kerja Jokowi," kata Adi melalui pers rilis, Minggu (21/2/2021).

Baca juga: Survei LSI: Tingkat Kepuasan Masyarakat ke KPK Turun Drastis Bahkan Cenderung Negatif

Baca juga: Lagi, Elektabilitas Ganjar Pranowo Jadi Capres Lampaui Prabowo Subianto

Baca juga: Elektabilitas Ganjar dan Ridwan Kamil Naik, Anies dan Khofifah Turun, Imbas Angka Penularan Corona?

Baca juga: Tanggapi Elektabilitas Prabowo, Puan: Kan Pak Prabowo Itu Sudah Berkali-kali Ikut Kontestasi . . .

Sebaliknya, Adi mengatakan, elektabilitas Risma naik signifikan dan sudah mampu menembus peringkat 5, menggeser Sandi.

Namun, perolehan suara Risma sangat tipis dari AHY, yang berada di posisi keenam.

"Elektabilitas Tri Rismaharini 5,8 persen, naik signifikan dan sudah mampu merangsek ke peringkat 5. Tipis di atas Agus Harimurti Yudhoyono 5,3 persen," ucap Adi.

"Meningkatnya elektabilitas Tri Rismaharini diakibatkan ekspos media yang meningkat sejak ditunjuk menjadi Menteri Sosial," imbuhnya.

Sementara itu, elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berada di posisi teratas, baik skenario elektabilitas terbuka maupun skenario elektabilitas tertutup.

Halaman
12
Editor: rika irawati
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved