Breaking News:

Berita Pendidikan

Data Milik 125 Ribu Mahasiswanya Dikabarkan Bocor, Ini Jawaban Undip Semarang

Data milik 125 ribu mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dikabarkan bocor. Kabar ini beredar di media sosial Twitter.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/M ZAINAL ARIFIN
Plt Wakil Rektor III Undip Dwi Cahyo Utomo memberikan keterangan kepada wartawan terkait kebocoran data mahasiswa melalui aplikasi zoom, Rabu (6/1/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SEMARANG - Data milik 125 ribu mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dikabarkan bocor. Data ini bisa diakses siapapun, termasuk kemungkinan disalahgunakan untuk kejahatan.

Kabar ini disampaikan pemilik akun @fannyhasbi lewat media sosial Twitter.

"Breached! Lebih dari 125 ribu data mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) bocor Mulai dari data pribadi lengkap mahasiswa, alamat, jalur masuk, email, username, password, IPK, riwayat sekolah, beasiswa, dan lain-lain BOCOR @undip @undipmenfess," cuit @fannyhasbi.

Pemilik akun yang mengaku sebagai security enthusiast ini juga mengunggah gambar tangkap layar nama-nama dan data para mahasiswa.

Termasuk di dalamnya, data nama mahasiswa, alamat, jalur masuk, email, username, password, IPK, riwayat sekolah, juga beasiswa.

Atas dugaan kebocoran tersebut, ia meminta mahasiswa Undip segera mengamankan data pribadi mereka.

"Yg merasa mahasiswa unchdeep mending langsung ganti password akun2 kalian yg pake password dan email yg sama Karena dilihat dari passwordnya itu cuma diamankan pake hash MD5 yg mana gampang banget buat diliat cuma pake tools online," imbuhnya.

Baca juga: Evaluasi Program Jiwong Jiga: Data Lansia Komorbid di Banyumas Tak Update

Baca juga: Begini Mekanisme Penyaluran Bansos Kemensos 2021, Risma: Warga Juga Bisa Lihat Data Penerima

Baca juga: Hoaks Uang Pangkal Rp 87 Miliar yang Viral di Twitter, Rektor Undip: Kami Bawa ke Ranah Hukum

Baca juga: Kuliah di Undip, Pemkab Batang Sudah Siapkan Beasiswa Tiap Tahun

Namun, akun tersebut, pada Kamis (7/1/2021) pagi telah digembok. Pengguna Twitter yang tak mengikuti akun tersebut tak bisa lagi mengakses cuitan yang dimaksud.

Terkait kabar ini, Undip memastikan server sistem IT yang berisi seluruh data kampus, termasuk data pribadi mahasiswa, dalam kondisi aman.

Hal itu berdasarkan investigasi yang dilakukan tim selama dua hari terakhir.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved