Breaking News:

Berita Banyumas

Stasiun Purwokerto Buka Layanan Rapid Test Antigen, Calon Penumpang KA Diminta Tes H-1 Keberangkatan

PT KAI Daop 5 Purwokerto menyiapkan layanan rapid test antigen Covid-19 di Stasiun Purwokerto, bagi calon penumpang kereta api jarak jauh.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS.COM/PERMATA PUTRA SEJATI
Pelayanan rapid test antigen di stasiun Daop 5 Purwokerto, pada Selasa (22/12/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - PT KAI Daop 5 Purwokerto menyiapkan layanan rapid test antigen Covid-19 di Stasiun Purwokerto, bagi calon penumpang kereta api jarak jauh.

"KAI mematuhi seluruh aturan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 melalui moda transportasi kereta api," ujar Manager Humas Daop 5 Eko Budiyanto, dalam rilis yang diterima Tribunbanyumas.com, Selasa (22/12/2020).

Pelayanan tersebut adalah dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid -19.

Kemudian, Surat Edaran Kemenhub No 23 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2121 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Baca juga: Kamu Berkesempatan Dapat Goodybag Eksklusif dari PT KAI Daop V Purwokerto, Nih Begini Caranya

Baca juga: PT KAI Daop 5 Purwokerto Buka Layanan Kirim Barang Pakai Jasa Kereta Lewat Kargo Lingkar Joglosemar

Baca juga: Bawa Spanduk, Petugas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ajak Warga Hati-hati Melintasi Perlintasan Kereta

Baca juga: Terdeteksi Ada Lima Titik Rawan Bencana, PT KAI Daop V Purwokerto Siagakan AMUS

Aturan tersebut menyebutkan bahwa pelanggan KA Jarak Jauh di Pulau Jawa diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen Covid-19 yang berlaku selambat-lambatnya tiga hari sebelum tanggal keberangkatan (H-3).

"Kapasitas melayani pelanggan yang akan melakukan rapid test antigen sebanyak 100 pelanggan per hari. Sedangkan kapasitas layanan pada saat weekend sebanyak 150 pelanggan per hari," terangnya.

Pelayanan Rapid Test Antigen saat ini baru dapat dilayani di Stasiun Purwokerto dan akan menyusul di Stasiun Kroya dan Kutoarjo, dengan harga test Rp 105.000.

Sementara, jam layanan pada pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB dan weekend, mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Dikarenakan proses pelayanan rapid test antigen memakan waktu lebih lama dibanding rapid test antibodi maka calon pelanggan agar menyiapkan waktu yang cukup untuk melakukan tes tersebut.

Masyarakat yang ingin menggunakan layanan rapid test antigen di stasiun diimbau melakukan tes H-1 perjalanan untuk menghindari keterlambatan jika dilakukan di hari keberangkatan.

Diharapkan, layanan rapid test antigen ini dapat dimanfaatkan calon penumpang kereta api.

Baca juga: DPRD Jateng Terima Green Leadership Nirwasita Tantra, Dinilai Peduli Pelestarian Lingkungan

Baca juga: 3 Bidan Puskesmas Kedungwuni 2 Positif Covid-19, Layanan Persalinan Tutup sampai 29 Desember

Baca juga: ASN Dilarang ke Luar Kota saat Libur Akhir Tahun, Ada Hukuman Disiplin bagi Pelanggar

Baca juga: 24 Anggota DPRD Purbalingga Jalani Tes Swab, Sempat Kontak dengan Staf Positif Covid-19

Eko mengatakan, hal ini merupakan wujud komitmen PT KAI dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan setia KA.

Hal itu juga sebagai solusi bagi pelanggan KA jarak jauh untuk memenuhi syarat naik KA dengan mudah dan murah sehingga pelanggan dapat aman dan nyaman dalam bepergian menggunakan KA.

Dengan demikian, tujuan menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang sehat, selamat, aman, dan nyaman sampai tujuan dapat tercapai. (Tribunbanyumas/jti)

Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved