Berita Nasional

Pertamina Siapkan 9 Pertashop di Tol Trans Jawa saat Libur Nataru, Layanan Pesan Antar di Nomor 135

Pertamina menyiapkan sembilan pertashop di Tol Trans Jawa (Jakarta-Surabaya) untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan saat libur Natal dan Tahun Baru.

Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/Istimewa
Fasilitas Pertamina disiagakan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020-2021. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BATANG - Pertamina menyiapkan sembilan pertashop di Tol Trans Jawa (Jakarta-Surabaya) untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan saat libur Natal dan Tahun Baru.

Sabtu (19/12/2020), Komisaris PT Pertamina Patra Niaga Agus Cahyono Adi bersama Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Jumali, dan ditemani Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang PAM Obvitnas Yurod Saleh, mengecek kesiapan fasilitas tersebut.

Mereka mengecek pertashop dam Satgas Natal dan Tahun Baru (Nataru) di lintas tol Trans Jawa titik KM 102, 379 dan 429 ruas A (Jakarta-Surabaya).

Dalam kunjungannya, rombongan didampingi Executive General Manager Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) Sylvia Grace Yuvenna.

Baca juga: Kini Sudah Hadir Pelumas Khusus Big Matic, Ini Keunggulan Pertamina Enduro Matic V

Baca juga: Penggunaan Premium Mulai Dihapus Tahun Depan, Berikut Keterangan Resmi Pertamina

Baca juga: Tabung Bright Gas Dinilai Lebih Aman, Pertamina Persilakan Warga Tukar Tabung Gas Biru secara Gratis

Baca juga: Beralih dari BBM ke BBG, Pertamina Serahkan Perangkat Konverter Buat Nelayan Cilacap

Pengecekan tersebut dilakukan, di antaranya terhadap BBM modular di jalan tol, digitalisasi SPBU, hingga layanan pesan antar.

Menurut Jumali, selain menghadirkan Pertashop, Pertamina juga menyiagakan mobil tangki BBM tambahan yang ditempatkan di SPBU sepanjang tol Trans Jawa.

"Kedua tambahan pelayanan tersebut dimaksudkan sebagai antisipasi jika terjadi lonjakan permintaan maupun memecah antrean agar protokol kesehatan tetap terjaga. Selain itu, Pertamina juga menyiapkan motorist maupun mobilist yang bisa dijangkau melalui kontak Pertamina 135," ujar Jumali dalam siaran pers tertulisnya, Minggu (20/12/2020).

Sementara itu, Komisaris PT Pertamina Patra Niaga Agus Cahyono Adi mengapresiasi kinerja tim Pertamina dalam memberikan pelayanan BBM kepada masyarakat.

"Seiring perkembangan teknologi, ketahanan stok BBM juga dapat dioptimalkan lewat memanfaatkan teknologi atau digitalisasi SPBU dan Kementerian ESDM, tentunya akan terus mendukung Pertamina dalam proses optimalisasi digitalisasi tersebut," terangnya.

Dijumpai di lokasi yang sama, Pjs Unit Manager Communication, Relations and CSR Pertamina JBT, Arya Yusa Dwicandra, menambahkan, layanan tambahan ini sudah bisa dinikmati di Tol Trans Jawa, khususnya di KM 252 hingga KM 259.

"Saat ini, di ruas tol A (Jakarta menuju Surabaya), terdapat SPBU regular di KM 379, 429 dan 519, serta di ruas tol B (Surabaya menuju Jakarta) di KM 519, 389, 360 dan 260. Selain itu, kami menambah layanan pengisian BBM berupa SPBU modular dan pertashop di sembilan titik, yaitu di KM 252, 275, 338, 456 dan 519 pada ruas A, serta KM 252, 294, 456, dan 519 pada ruas B," ungkapnya.

Pertamina juga telah menyiapkan mobil siaga dan motoris untuk melayani masyarakat mengisi BBM dengan sistem pesan antar melalui aplikasi MyPertamina maupun Pertamina Call Center di nomor 135.

"Di sepanjang tol Trans Jawa wilayah JBT, kami sediakan tiga mobil siaga, di antaranya di pintu keluar tol Tegal, pintu keluar tol Weleri, dan pintu keluar tol Salatiga yang berjaga apabila terdapat kebutuhan isi BBM di jalan tol," kata dia.

"Sementara, petugas pesan antar yang menggunakan sepeda motor berjumlah 40 motoris untuk di luar jalan tol dan 7 motoris di dalam area tol Trans Jawa, untuk memecah antrean di SPBU rest area," tambahnya.

Baca juga: Tak Kapok, Pencuri Spesialis Rumah Mewah Ini Ditangkap untuk Ke-11 Kalinya. Beraksi Sejak Umur 12

Baca juga: Keuskupan Agung Semarang Terapkan Prokes Misa Natal, Jemaat Wajib Bawa Hasil Negatif Tes Rapid

Baca juga: Pulang Bermain Bola, 2 Anak Kanitreskrim Polsek Miri Sragen Tewas Kesetrum Tiang Listrik

Baca juga: 22 Tokoh Indonesia Masuk 500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh, Ada Nama Jokowi dan Habib Luthfi

Untuk menambah stok BBM di SPBU, Pertamina juga telah menyiapkan SPBU kantong dalam wujud mobil tangki yang disiagakan di sejumlah SPBU.

Dikatakannya, terdapat 47 SPBU kantong dengan kapasitas mobil tanki penuh di siagakan di titik-titik SPBU yang merupakan jalur mudik maupun area wisata yang berpotensi adanya lonjakan kebutuhan.

Dirinya menegaskan, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pemenuhan energi terhadap masyarakat, Pertamina juga tengah mengoptimalkan digitalisasi pelayanan khususnya di fasilitas penyaluran seperti SPBU.

"Digitalisasi diperlukan sebagai peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, sekaligus sebagai transparansi dan optimalisasi penyaluran BBM. Saat ini, di Pertamina Jawa Bagian Tengah sebanyak 90 persen SPBU telah terdigitalisasi mulai dari sistem pembayaran, sistem penyaluran, maupun sistem kesiapan stock sehingga pelayanan terhadap konsumen menjadi lebih optimal,” ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved