Breaking News:

Berita Pendidikan

Bisa Mencegah Penuaan Dini, Masker dari Daun Torbangun Dikenalkan Tim Dosen Prodi Farmasi Unissula

Tim dosen Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung Semarang membuat masker wajah dari daun tanaman bangun-bangun atau torbangun.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/Istimewa
Tim dosen Prodi Farmasi Fakuktas Kedokteran Unissula memaparkan cara membuat masker wajah dari daun bangun-bangun kepada masyarakat dalam program pengabdian masyarakat di Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, belum lama ini. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tim dosen Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang membuat masker dari daun tanaman bangun-bangun atau torbangun.

Proses tersebut dilakukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, beberapa waktu lalu.

Tim dosen kegiatan tersebut terdiri dari Ika Buana Januarti, Hudan Taufiq, Fadzil Latifah, Arifin Santoso, Yuyun Darma, Chintia Nindya Putri, dan Windi Susmayanti.

Dalam program pengabdian masyarakat itu, tim dosen juga mengajari teknik pemasaran produk masker melalui online dan pengemasan yang menarik.

"Daun bangun-bangun (Plectranthus Amboinicus Spreng) memiliki kandungan antioksidan semisal flavonoid, turunan polivenol dan steroid. Sehingga, bisa dijadikan masker," kata anggota tim, Fadzil Latifah, dalam keterangannya, Minggu (22/11/2020).

Baca juga: Banyumas Kembali Masuk Zona Oranye, Ini Saran Tim Ahli Satgas Covid-19

Baca juga: Miris, Pelanggar Protokol yang Terjaring Operasi Yustisi di Kabupaten Tegal Selalu Meningkat

Baca juga: Mayat Bayi Masih Berplasenta Ditemukan Mengambang di Saluran Air di Tosaran Kabupaten Pekalongan

Baca juga: Masih Cenderung Sepi, 4 Bioskop di Kota Semarang Mulai Buka Lagi

Dikatakannya, daun tanaman bangun-bangun memiliki 76 jenis kandungan minyak yang bersifat folatil, kandungan terbesarnya adalah carvacol dan timol.

Kandungan tersebut dapat berfungsi sebagai aktivitas antioksidan dan antibakteri.

"Daun bangun-bangun sering digunakan masyarakat sebagai sayuran. Namun, selain itu, dapat dimanfaatkan sebagai masker. Masker daun bangun-bangun berfungsi sebagai anti aging," jelasnya.

Anggota tim lain, Ika Buana Januarti, menuturkan, proses pembuatan masker daun bangun-bangun sangat mudah dan memanfaatkan bahan yang biasa ada di rumah.

Meliputi, satu sendok makan daun bangun-bangun kering yang telah dihancurkan, tepung beras halus tiga sendok makan, tepung beras kasar tiga sendok makan, bubuk maizena satu sendok makan, Susu skim satu sendok makan, dan VCO satu sendok teh.

"Semua bahan dicampur dan langsung dijadikan masker wajah," pungkasnya. (*)

Baca juga: Kampus ISI Solo Ditutup Sepekan Menyusul Temuan 2 Kasus Covid-19

Baca juga: Satgas Penanganan Covid-19 Magelang Minta Donatur Tak Sumbang Nasi Bungkus ke Pengungsi Merapi

Baca juga: Petugas Pemakaman Tak Kunjung Datang, 3 Polisi Polres Tegal Kota Akhirnya Makamkan Pasien Covid-19

Baca juga: Asal Usul Kanjeng Kiai Pamor, Pusaka Keraton Solo untuk Bahan Keris yang Berasal dari Iron Meteorit

Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved