Breaking News:

Penanganan Corona

Hasil Penelitian: Virus Covid-19 Bertahan Hidup Hingga 28 Hari di Layar Ponsel

Ahli dan Ilmuwan tak hanya meneliti obat dan vaksin yang tepat untuk melawan virus Covid-19 tetapi juga bagaimana virus tersebut bertahan hidup.

Stocktrek Images/Getty Images
Ilustrasi Virus Corona 

TRIBUNBANYUMAS.COM – Ahli dan Ilmuwan tak hanya meneliti obat dan vaksin yang tepat untuk melawan virus Covid-19 tetapi juga bagaimana virus tersebut bertahan hidup.

Di antaranya, yang dilakukan para peneliti dari Badan Sains Nasional Australia (CSIRO). Mereka meneliti mengenai berapa lama partikel virus corona dapat bertahan di permukaan suatu benda.

Dari penelitian yang dipublikasikan di Virology Journal sebagaimana dikutip dari Medical Express menunjukkan beberapa kesimpulan sebagai berikut:

  • Virus SARS-CoV-2 akan bertahan lebih lama saat suhu lebih rendah.
  • Cenderung bertahan lebih lama pada permukaan benda yang tidak berpori atau halus, semisal kaca, baja tahan karat, dan vinil, dibandingkan permukaan komplek berpori semisal kapas.
  • Bertahan lebih lama di atas uang kertas dibandingkan uang kertas plastik.

 

Pentingnya cuci tangan

Wakil Direktur Pusat Kesiapsiagaan Penyakit Australia (ACDP) Dr Debbie Eagles mengatakan, hasil dari penelitian ini makin memperkuat bukti bahwa cuci tangan yang benar dan membersihkan permukaan suatu benda secara teratur adalah hal yang baik.

"Pada suhu 20 derajat celcius, yang setara dengan suhu ruangan, kami menemukan bahwa virus itu sangat kuat, bertahan selama 28 hari pada permukaan yang halus semisal kaca, yang ditemukan pada layar ponsel," kata Eagles dikutip dari The Guardian (11/10/2020).

Baca juga: Memiliki Warna Merah, Penampakan Virus Covid-19 Menginfeksi Sel Bronkial Dipublikasikan Peneliti

Baca juga: Perusahaan Lampu Jepang Luncurkan Lampu UV yang Diklaim Bisa Bunuh Virus Corona

Baca juga: Pentingnya Jaga Jarak, Penyebaran Virus Covid-19 Bisa Lewat Tetesan Pernapasan di Udara

Dari penelitian ini juga menunjukkan virus corona penyebab Covid-19 dapat lebih lama bertahan dibandingkan Influenza A yang bertahan di permukaan benda selama 17 hari.

Direktur ACDP Profesor Trevor Drew juga menyampaikan, adanya penelitian ini maka dapat membantu menjelaskan presistensi nyata dan penyebaran virus di lingkungan sejuk.

Sebab, dari percobaan yang dilakukan pada suhu 30 derajat celcius dan 40 derajat celcius, waktu bertahan hidup SARS-CoV-2 menunjukkan penurunan.

Penelitian ini dianggap penting untuk dilakukan guna mengembangkan bagaimana strategi mitigasi risiko penularan.
Ketahanan virus

Halaman
12
Editor: rika irawati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved