Breaking News:

Siap-siap, BLT Pekerja Tahap 5 Cair Mulai Hari Ini

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memastikan, bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji tahap kelima akan disalurkan hari ini (7/10/2020).

Editor: rika irawati
KONTAN/Carolus Agus Waluyo
Ilustrasi bantuan langsung tunai. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memastikan, bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji tahap kelima akan disalurkan hari ini (7/10/2020). Jumlah pekerja yang akan menerima subsidi gaji tersebut mencapai 618.588 pekerja.

Pemerintah sudah menerima data dari BPJS Ketenagakerjaan terkait penerima subsidi gaji tahap lima dan telah memproses datanya selama empat hari kerja sesuai petunjuk teknis (juknis).

"Insyaallah, akan bisa dicairkan sebagaimana sebelumnya, akan disampaikan kepada KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara). Kemudian, KPPN mencairkan kepada bank penyalur. Dari bank penyalur akan disampaikan kepada penerima subsidi gaji atau upah," ujarnya di Bogor, Selasa (6/10/2020).

Apindo Jateng Imbau Perusahaan Beri Sanksi Buruh Peserta Mogok Kerja Tolak UU Cipta Kerja

Harga Emas Antam di Pegadaian Pagi Ini, 7 Oktober 2020 Rp 2.115.000 Per 2 Gram

Ia menegaskan, penerima bantuan subsidi gaji tidak hanya pekerja yang memiliki nomor rekening bank-bank BUMN tetapi juga pekerja yang memiliki nomor rekening di luar bank milik negara tersebut.

"Alhamdulillah, mudah-mudahan kami bisa menyelesaikan seluruh subsidi upah ini bagi 12,4 juta penerima program. Semuanya sudah diverifikasi dan divalidasi oleh BPJS Ketenagakerjaan," ucapnya.

Data Kementerian Ketenagakerjaan per 5 Oktober 2020, secara total, penyaluran subsidi gaji tahap I telah mencapai 99,32 persen, tahap II mencapai 99,32 persen, tahap III mencapai 99,32 persen, dan tahap IV mencapai 95,32 persen.

Dia berharap, program bantuan subsidi gaji memberikan manfaat dan meningkatkan daya beli masyarakat sehingga dapat meningkatkan konsumsi masyarakat di era pandemi Covid-19.

Sebagai informasi, bantuan subsidi gaji/upah diberikan kepada para pekerja/buruh yang memiliki upah di bawah Rp 5 juta sesuai upah yang dilaporkan dalam kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Bantuan subsidi gaji sebesar Rp 600.000 diberikan selama empat bulan sehingga secara total penerima akan mendapat Rp 2,4 juta per orang.

Bantuan ini disalurkan dalam dua termin, masing-masing sejumlah Rp 1,2 juta. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cek Rekening, Subsidi Gaji 618.588 Pekerja Ditransfer Hari Ini". 

Hindari Klaster Ponpes, Bupati Temanggung: Pengelola Ponpes Jangan Terima Tamu Terlebih Dahulu

Polres Cilacap Bentuk Tim Khusus, Usut Dugaan Perajin Jamu Diperas Oknum Polisi Berpangkat AKBP

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved