Breaking News:

Berita Banjarnegara

Korban Tanah Gerak di Desa Majatengah Bajarnegara Terima Bantuan, Rp 10 Juta untuk Warga Relokasi

Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menyalurkan bantuan sosial untuk warga korban bencana alam di Desa Majatengah, Kecamatan Banjarmangu, Selasa.

TRIBUNBANYUMAS/KHOIRUL MUZAKI
Bupati Banjarnegara serahkan bantuan secara simbolis kepada korban longsor di Desa Majatengah, Banjarnegara, Selasa (1/9/2020). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BANJARNEGARA - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk warga korban bencana alam di Desa Majatengah, Kecamatan Banjarmangu, Selasa (1/9/2020).

Penyerahan bantuan ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono kepada penerima bansos, yakni Misbun, Qodriah, dan Bariah, di Balai Desa Majatengah.

Bansos berasal dari dana APBD Kabupaten Banjarnegara tahun 2020 itu diserahkan kepada korban rumah rusak berat dan direlokasi, serta rusak ringan akibat bencana pergerakan tanah di desa setempat.

Bantuan juga diberikan kepada korban kebakaran di Desa Kubang, Kecamatan Wanayasa.

Bupati Banyumas Lantik 20 Pejabat, Kursi Camat Tambak dan Gumelar Akhirnya Terisi

Bingung Ingin Semaikan Biji Buah? Titipkan Saja di Rumah Persemaian Banjarnegara

Jumlah yang diserahkan total sebesar Rp 137.500.000. Rinciannya, Rp 10 juta untuk masing-masing korban relokasi dan rumah rusak berat sebanyak 12 KK, Rp 7,5 juta untuk korban rumah rusak berat tidak relokasi untuk satu KK yang juga korban kebakaran, dan Rp 2 juta untuk masing-masing korban rumah rusak ringan untuk lima KK.

"Bencana adalah ujian, ada hikmah dibalik semua itu. Kita wajib bersyukur dilindungi Allah dari bencana. Namun, sebagai manusia, kita wajib berupaya menghindarkan diri dari bencana," kata Budhi, Selasa.

Budhi mengajak warga berikhtiar untuk bersama-sama menjaga keselamatan diri, keluarga, dan masyarakat lewat cara mematuhi aturan dan rambu-rambu yang ada.

Terkait bantuan lain, pihaknya aktif berkomunikasi dengan pemerintah provinsi Jawa Tengah, dalam hal ini BPBD Provinsi Jawa Tengah.

Dia pun meminta pemerintah desa lebih proaktif dan mau jemput bola untuk mengakses bantuan.

Ia pun berharap, proses pembangunan hunian tetap layak huni ini bisa dilakukan secepatnya sehingga dapat segera ditempati warga terdampak.

Kini, Ke Museum Sangiran Bisa Langsung dari Solo Naik BRT Trans Jateng Rute Solo-Sumberlawang

Ingin Buka Kelas Tatap Muka, Sekolah di Banyumas Harus Semprot Disinfektan 3 Kali Sehari

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Banjarnegara Aris Sudaryanto menambahkan, BPBD Banjarnegara melaksanakan instruksi bupati untuk mengurus permasalahan relokasi di desa tersebut.

"Alhamdulillah, dari APBD sudah tealisasi Rp 10 juta untuk rumah rusak berat, Rp 2 juta untuk rumah rusak ringan dan Rp 7,5 juta untuk korban kebakaran desa Kubang," terangnya.

Bariah, penerima bansos, mengaku gembira dengan bantuan tersebut. Bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi kehidupan keluarganya yang sempat menderita karena bencana.

"Alhamdulillah yang ditunggu datang juga," ujarnya. (*)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: rika irawati
Sumber: Tribun Banyumas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved