Berita Tegal

Kapolres Tegal Bentuk Tim Patroli Dini Hari, Warga Tidur Pelaku Kriminal Beraksi, Seperti Apa?

Kapolres Tegal, AKBP Arie Prasetya Syafa’at membentuk Tim Unit Patroli Sabhara yang beroperasi dini hari.

ist/dok humas polres tegal
Tim Unit Patroli Sabhara Polres Tegal saat melakukan patroli di beberapa titik masuk wilayah Kabupaten Tegal, Minggu (13/11/2022) dini hari. Adapun tim tersebut merupakan inisiasi Kapolres Tegal, AKBP Arie Prasetya Syafa'at, dalam rangka mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas pada waktu dini hari. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, TEGAL - Kapolres Tegal, AKBP Arie Prasetya Syafa’at membentuk Tim Unit Patroli Sabhara yang beroperasi dini hari.

Pada waktu dini hari, saat masyarakat tertidur pulas, pelaku kriminal biasanya kerap melakukan aksi.

Adapun Tim Unit Patroli Sabhara bertugas melaksanakan kegiatan patroli di wilayah perkantoran dan perbankan terutama sekitar Pasar Banjaran Adiwerna, mengingat banyaknya objek vital yang tersebar pada lokasi tersebut. 

Kasat Sabhara Polres Tegal, AKP Surahno, menjelaskan tujuan utama pembentukan tim patroli Shabara sebagai langkah antisipasi aksi kriminalitas dini hari, karena waktu tersebut banyak digunakan oleh masyarakat sebagai waktu beristirahat.

Baca juga: Perbaikan Jalan Ambles Bumiayu-Tegal di Sirampog, Ini Janji Pemprov Jateng

Tim Unit Patroli Sabhara Polres Tegal saat melakukan patroli di beberapa titik masuk wilayah Kabupaten Tegal, Minggu (13/11/2022) dini hari. Adapun tim tersebut merupakan inisiasi Kapolres Tegal, AKBP Arie Prasetya Syafa'at, dalam rangka mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas pada waktu dini hari.
Tim Unit Patroli Sabhara Polres Tegal saat melakukan patroli di beberapa titik masuk wilayah Kabupaten Tegal, Minggu (13/11/2022) dini hari. Adapun tim tersebut merupakan inisiasi Kapolres Tegal, AKBP Arie Prasetya Syafa'at, dalam rangka mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas pada waktu dini hari. (ist/dok humas polres tegal)

Momen tersebut menjadikan lengahnya masyarakat sebagai waktu rawan kejahatan, seperti, pencurian dan kekerasan, perampokan, bahkan kejahatan jalanan lainnya.

Oleh karena itu, dalam rangka mengantisipasi terjadinya aksi kriminalitas pada waktu dini hari, Kapolres Tegal, AKBP Arie Prasetya Syafa’at, melalui Kasat Sabhara, AKP Surahno, membentuk Tim Unit Patroli Sabhara, pada Sabtu (12/11/2022). 

"Patroli kami fokuskan pada jalur perkantoran dan perbankan sekitar Pasar Banjaran, guna menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif.

Selain itu, sebagai upaya pencegahan tindak kejahatan sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman," ungkap AKP Surahno, dalam keterangan tertulis yang diterima TribunBanyumas.com, Senin (14/11/2022). 

AKP Surahno menyebut, patroli ini menjadi agenda harian yang akan dilakukan secara rutin baik di tingkat Polres Tegal maupun Polsek Jajaran, selaras dengan kebijakan Kapolri Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga: 12 ABK Kargo Shinsung Asal Indonesia Hilang di Perairan Taiwan, Mayoritas dari Kendal dan Tegal

Kebijakan yang dimaksud yaitu Program Quickwins Presisi dan sesuai dengan amanat Undang-Undang, dalam hal pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di Kabupaten Tegal.

"Selain berpatroli, kami juga memerintahkan anggota Satuan Samapta untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada satpam bank agar tetap waspada saat bertugas, serta memberikan informasi call center Polres Tegal saat terjadi gangguan keamanan," tegasnya. (*)

Baca juga: Objek Wisata Waduk Cacaban Tegal Sudah Dibuka Untuk Umum: Wahana, Jam Operasional, Tarif Tiket Masuk

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved