Berita Pekalongan

Bantu Warga Nikmati TV Digital, Pemkot Pekalongan Usulkan 13 Ribu Keluarga Miskin Dapat STB Gratis

Pemkot Pekalongan mengusulkan bantuan set top box gratis ke Kemenkominfo bagi 13 ribu keluarga atau rumah tangga miskin.

Editor: rika irawati
medicalnewstoday.com
Ilustras menonton televisi (tv). Pemkot Pekalongan mengusulkan 13 ribu keluarga miskin mendapat bantuan set top box (STB) gratis agar dapat menikmati siaran televisi digital. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PEKALONGAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan mengusulkan bantuan set top box (STB) gratis kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kemenkominfo) bagi 13 ribu keluarga atau Rumah Tangga Miskin (RTM).

Bantuan STB gratis ini diharapkan dapat membantu keluarga miskin dapat segera menikmati tayangan televisi digital setelah peralihan dari siaran televisi analog.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan Arif Karyadi mengeatakan, pihaknya mendorong masyarakat segera beralih ke siaran TV Digital.

Apalagi, siaran televisi digital lebih unggul dalam beberapa hal, di antaranya, menghemat frekuensi, kualitas gambar yang bagus dan bebas biaya bulanan.

Baca juga: Hindari Anak Punk yang Mengadang, Truk Trailer Tabrak Pohon di Pantura Pekalongan. 2 Orang Terluka

Baca juga: Jembatan Ambles, Siswa di Pekalongan Kesulitan Akses Jalan, Mobil Pemdes Dikerahkan Antar-Jemput

Selain itu, dalam siaran TV digital, juga terdapat siaran televisi lokal yang akan menampilkan konten-konten lokal pula.

"Kemudian, dari sisi kualitas, secara gambar dan suara, lebih baik dan jernih dari TV analog. Serta, jangkauan siaran TV digital lebih luas dibandingkan TV analog," kata Arif lewat rilis yang diterima, Rabu (9/11/2022).

Arif menjelaskan, switch off siaran televisi analog sebenarnya dijadwalkan dilakukan pada April 2022.

Namun, pada waktu itu, masih ada kebijakan dari pemerintah pusat adanya sistem hybrid, dimana masih ada sebagian televisi masyarakat yang bisa menerima siaran analog sampai 2 November 2022 lalu.

Sehingga, saat ini, ada beberapa masyarakat yang belum beralih ke TV digital atau tidak bisa menerima siaran TV lagi.

"Sejalan dengan penerapan migrasi siaran televisi atau ASO ini, pemerintah mulai mendistribusikan set top box alias STB untuk rumah tangga miskin secara nasional. STB disalurkan sejumlah 1.055.360 unit."

"Pemerintah pusat, memang sudah memberikan surat ke pemerintah daerah untuk mengirimkan daftar calon penerima bantuan STB gratis bagi masyarakat kurang mampu dalam bentuk Surat Keputusan (SK) Walikota/Bupati."

"Sejalan hal tersebut, Pemkot Pekalongan juga sudah mengirimkan ke Kementerian Kominfo RI terkait ada sekitar 13 ribuan KK penerima dari masyarakat kurang mampu di Kota Pekalongan yang dianggap tepat untuk diajukan menerima bantuan STB gratis tersebut," jelasnya.

Baca juga: Belum Punya STB untuk Nikmati Siaran TV Digital? Begini Cara Dapat Gratis dari Pemerintah

Baca juga: 10 STB TV Digital yang Sudah Mendapat Serifikat Resmi dari Kominfo, Gambar TV Analog Dijamin Bening

Kendati demikian, dari jumlah 13 ribuan KK yang diusulkan menerima bantuan STB tersebut, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah penerima yang bisa diakomidir bantuan tersebut oleh Kementerian Kominfo RI.

"Entah nanti keputusan Kementerian Kominfo RI turunnya berapa, kami belum mengetahui. Kami berharap, masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya segera bisa menyesuaikan kebijakan pemerintah pusat terkait migrasi ke TV digital ini."

"Bagi masyarakat yang mampu, jika TV di rumahnya masih menggunakan TV analog bisa membeli STB dari berbagai merk dari harga murah hingga mahal kisaran Rp125 ribu sampai Rp250 ribuan."

"Atau, bagi mereka yang ekonominya atas atau ada rejeki lebih bisa membeli TV digital sehingga tidak perlu membeli STB," tambahnya. (Indra Dwi Purnomo)

Baca juga: 6.885 Calon Jemaah Haji Jawa Tengah Batalkan Pendaftaran, Kelamaan Masuk Daftar Tunggu

Baca juga: TMMD Sengkuyung Banyumas Ditutup, Jalan Penghubung Karangtengah-Sambirata Kini Mulus dari Beton

Baca juga: Warga Tambakaji Semarang Cek Sungai Beringin, Jembatan Semipermanen Dituding Pemicu Banjir Bandang

Baca juga: Soal Wali Kota dan Bupati Coret Anggaran Mobil Listrik, Gubernur Ganjar: Gak Apa-apa Asal Prioritas

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved