Berita Banyumas

Banyumas Bakal Diguyur Hujan Intensitas Sedang-Tinggi, Wabup Sadewo Minta Warga Waspada Longsor

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono meminta warga dan semua personel terkait siaga bencana, mewaspadai pergerakan tanah.

Penulis: Imah Masitoh | Editor: rika irawati
ISTIMEWA/Pemkab Banyumas
Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022 di lapangan Kodim 0701 Banyumas, Rabu (21/9/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BANYUMAS - Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono meminta warga dan semua personel terkait siaga bencana, mewaspadai pergerakan tanah, di antaranya longsor.

Peringatan ini disampaikan Sadewo dalam apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam Rangka Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022 di lapangan Kodim 0701 Banyumas, Rabu (21/9/2022).

Sadewo mengatakan, pihaknya telah menerima informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Semarang terkait potensi hujan di Kota Satria.

Baca juga: Remaja Berketerbelakangan Mental di Banyumas Diperkosa 8 Pria Dewasa, Dirayu dengan Uang

Baca juga: Jumlah Penumpang Trans Banyumas Meningkat sejak Kenaikan Harga BBM, Masih Gratis!

Informasi dari BMKG Banyumas, curah hujan di Banyumas mencapai angka 302-400 millimeter dengan potensi pergerakan tanah pada level menengah dan tinggi.

"Saya berharap kepada tim siaga bencana untuk terus memantau kondisi terkini dan menyebarkan informasi peringatan langkah-langkah antisipasi bencana serta berkordinasi dengan stakeholder dalam mobilitas tim siaga bencana dan sumber data," kata Sadewo.

Sadewo mengatakan, hasil evaluasi penanganan bencana di Banyumas selama ini, bagian yang perlu diperbaiki adalah terkait pendistribusian bantuan kepada korban bencana.

Sementara, soal kekurangan sarana dan prasarana, pihaknya sudah mengajukan permohonan bantuan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Pengajuan ekskavator kecil serta perahu, dijanjikan tahun 2023. mudah-mudahan, bisa terealisasi dan nantinya, saya akan mendampingi permohonan tersebut," katanya.

Baca juga: BPBD Banyumas Bakal Paksa 6 KK di Bantaran Sungai Pelus Arcawinangun Pindah ke Rumah Relokasi

Baca juga: Anggaran BBM Cekak, Pemkab Banyumas Hentikan Sementara Bus Pariwisata Gratis Demi Bus Sekolah

Dalam apel kesiapsiagaan tersebut, Wakil Bupati Sadewo didampingi Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf Iwan Dwi Prihartono dan Kapolresta Banyumas Kombes Edy Suranta Sitepu.

Apel dikomandani oleh Danramil 04 Sokaraja Kapten CBA Putut Pringgodigdo dan diikuti ratusan personil gabungan.

Mereka berasal dari berbagai instansi dan lembaga, di antaranya kodim, polresta, Satpol PP, linmas, damkar, Baznas, PMI, IDI, Tagana, Rapi, Senkom, Orari, Tim SAR, dan Serayu Rescue.

Ada juga Bagana, Mapala, Menwa UPL Unsoed, Kwarcab, PPA Mayapada, IEA Banyumas Raya, Forkompinda Kabupaten Banyumas, serta organisasi-organisasi masyarakat. (*)

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved