Berita Daerah

Dikabulkan Pengadilan, Pernikahan Pasangan Beda Agama di Jaksel Ini Akhirnya Dicatat Dukcapil

Pernikahan beda agama pasangan DRS dan JN akhirnya bisa didaftarkan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan.

Editor: rika irawati
Shutterstock
Ilustrasi menikah. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA - Pernikahan beda agama pasangan ini akhirnya bisa didaftarkan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan.

Hal ini setelah Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan mengabulkan permohonan mereka agar perkawinannya bisa didaftarkan di Dukcapil setempat.

Pasangan tersebut adalah DRS yang beragama Kristen dan JN yang beragam Islam. Keduanya telah menikah di Gereja Kristen Nusantara di Jakarta Pusat.

Dalam putusannya, hakim tunggal Arlandi Triyogo memerintahkan Kantor Suku Dukcapil Jakarta Selatan menerbitkan akta perkawinan bagi pasangan beda agama tersebut.

"Memerintahkan agar Kantor Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan untuk mencatatkan Perkawinan Beda Agama Para Pemohon ke Register Pencatatan Perkawinan yang digunakan untuk itu dan segera menerbitkan Akta Perkawinan tersebut," tulis amar putusan pengadilan dikutip Kamis (15/9/2022), dari laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakarta Selatan.

Baca juga: Viral! Pernikahan Beda Agama di Kota Semarang: Sudah Ada 1.425 Pasangan Menikah

Baca juga: Indahnya Persaudaraan di Thekelan Semarang: Warga Beda Agama Jagai dan Ucapkan Lebaran Usai Salat Id

Baca juga: Abaikan Cibiran, Rois Rawat 80 Anak Hasil Hubungan Luar Nikah di Panti Asuhan di Kota Semarang

Amar putusan yang dibacakan pada Senin (8/8/2022) itu menyebutkan bahwa permohonan pasangan itu hanya dikabulkan sebagian.

Pasangan beda agama ini diberikan izin untuk mendaftarkan perkawinannya dan dibebankan biaya perkara sejumlah Rp210.000.

Adapun gugatan dengan Nomor 508/Pdt.P/2022/PN JKT.SEL itu didaftarkan pada 27 Juni 2022.

Dalam petitumnya, kedua pemohon meminta hakim memerintahkan kepada Kantor Dukcapil Jakarta Selatan untuk menerbitkan akta perkawinan yang dilaksanakan pada 31 Mei 2022.

"Memberikan izin kepada para pemohon untuk mendaftarkan perkawinannya di Kantor Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan," demikian bunyi petitum pemohon. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kabulkan Permohonan Nikah Beda Agama, PN Jaksel Perintahkan Dukcapil Terbitkan Akta Perkawinan".

Baca juga: Jebol Tembok, Pencuri Gasak Uang Rp21,3 Juta dari Brankas Alfamart di Raci Pati

Baca juga: Sisir Lokasi Mayat, Polisi Temukan Pisau Diduga Alat Membunuh Pegawai Bapenda Semarang Iwan Budi

Baca juga: Marak Penggunaan Mobil Listrik sebagai Mobil Dinas, Bupati Banyumas: Lihat Juklak dan Juknis Dulu

Baca juga: Bantu Warga Terdampak Kenaikan Harga BBM, Ketua DPRD Kudus Ajak Anggota Dewan Sisihkan 20 % Gaji

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved