Pemilu 2024

Demokrat Kota Semarang Buka Pendaftaran Bacaleg Pemilu 2024, Berminat? Catat Tanggal dan Syaratnya!

Partai Demokrat Kota Semarang akan segera membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) untuk kontestasi pemilu 2024.

tribunbanyumas.com/eka yulianti fajlin
Pengurus Partai Demokrat Kota Semarang memberikan keterangan terkait pendaftaran bakal calon legislatif atau caleg di ruang Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Semarang, Selasa (9/8/2022).  

TRIBUNBANYUMAS.COM, SEMARANG - Partai Demokrat Kota Semarang akan segera membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) untuk kontestasi pemilihan legislatif (pileg) dalam pemilihan umum atau pemilu 2024 mendatang.

Pedaftaran bacaleg dibuka mulai 17 Agustus - 31 Desember 2022 di Kantor DPC Demokrat Kota Semarang, di Jalan Mintojiwo Timur Nomor 3, Gisikdrono, Semarang Barat, Jawa Tengah.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Demokrat Kota Semarang, Kusdianto Basuki mengatakan, Partai Demokrat telah mendaftar dan dinyatakan lengkap secara administratif untuk mengikuti pesta demokrasi Pemilu 2024.

Sesuai instruksi DPP, pihaknya membuka rekrutmen bacaleg dengan memberikan kesempatan kepada tokoh masyarakat serta pemuda milenial di Kota Semarang untuk bekerjasama membangun dan membesarkan Partai Demokrat.

Baca juga: KPU Terima Pendaftaran 13 Parpol untuk Pemilu 2024, Berkas Empat Parpol Masih Belum Lengkap

"Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri bisa mengisi formulir pendaftaran dan tidak dipungut biaya alias gratis," terangnya, Selasa (9/8/2022). 

Dia menyebutkan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebagai bacaleg, antara lain sehat jasmani dan rohani, ber-KTP warga Indonesia, berpendidikan minimal SMA, serta memiliki kartu tanda anggota (KTA) Partai Demokrat.

Masyarakat yang hendak mendaftar bacaleg namun belum memiliki KTA tetap bisa mendaftar.

Nantinya, pihaknya akan membantu pembuatan KTA bagi bacaleg yang belum memiliki. 

"Kalau caleg yang akan maju pemilu harus jadi anggota partai dulu.

Nanti kami bantu KTA-nya.

Ini untuk proses awal, kita sesuaikan dulu untuk rekruitmen, dan tentunya akan diseleksi dengan baik," paparnya.

Baca juga: Diam-diam Intensif Berkomunikasi, Partai Demokrat Siap Koalisi dengan PKS untuk Pemilu 2024?

Sementara, Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat Semarang, Novriadi menambahkan, Partai Demokrat menargetkan 12 kursi di DPRD Kota Semarang pada pemilu 2024 mendatang dengan masing-masing dua legislator tiap dapil.

Adapun pendaftaran bacaleg maksimal 50 peserta.

Jika nanti melebih jumlah tersebut, pihaknya akan lebih selektif memilih bacaleg yang mampu dan layak untuk didorong menjadi caleg.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved