Berita Purbalingga

Ikuti Pertunra 2022 Jateng, Sanggar Dresnala Purbalingga Tampilkan Pertunjukan Berjudul Slarangsurup

Sanggar Dresnala Purbalingga ikuti Festival Pertunjukan Rakyat 2022 Jateng, Kamis (23/6/2022) malam.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
ISTIMEWA/Pemkab Purbalingga
Pemain dari Sanggar Dresnala Purbalingga mementaskan Slarangsurup dalam pementasan Pertunjukan Rakyat (Pertunra) 2022 tingkat Jawa Tengah, di Panggung Kesenian Mahesa Jenar, Purbalingga, Kamis (23/6/2022) malam. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURBALINGGA - Vaksin bukanlah syarat mendapatkan bantuan tetapi upaya meningkatkan kekebalan tubuh untuk menghadapi virus Corona merupakan pesan yang diusung Sanggar Dresanala Purbalingga dalam pentas, Kamis (23/6/2022) malam.

Pentas yang digelar di Panggung Kesenian Mahesa Jenar Purbalingga ini merupakan pertunjukkan untuk mengikuti Festival Pertunjukan Rakyat (Pertunra) 2022 tingkat Jawa Tengah, yang berlangsung secara daring.

Festival tersebut digelar untuk melestarikan budaya lokal, terutama bagi anak muda.

Dalam pentas tersebut, Sanggar Dresanala menampilkan 15 pemain, mayoritas berusia 18-23 tahun.

Wakil Ketua Forum Komunikasi Media Tradisional ( FK Metra) Kabupaten Purbalingga Sutarko mengungkapkan, pentas tersebut mengusung judul "Slarangsurup" yang berarti, salah paham.

"Lewat pentas ini, kami ingin menyampaikan pesan dan mengingatkan masayarakat bahwa meski kasus Covid-19 melandai tetapi harus tetap memerhatikan protokol kesehatan."

"Jangan lengah dan senantiasi bahu-membahu untuk terus menjaga kesehatan," kata Sutarko dalam rilis yang diterima, Jumat (24/6/2022).

Baca juga: Bantu Atasi Kemiskinan di Purbalingga, Wagub Gus Yasin Serahkan Bantuan Sembako dan Pemugaran RTLH

Baca juga: 247 Calon Haji Purbalingga Masuk Asrama Haji Donohudan Mulai 1 Juli, Berangkat dalam 2 Kloter

Baca juga: Festival Film Purbalingga Hadir Kembali! 10 Desa di 5 Kabupaten Ajukan Diri Sebagai Venue Pemutaran

Sutarko mengatakan, keikutsertaan mereka dalam Festival Pertunra 2022 merupakan bagian dari upaya FK Metra menarik minat anak muda mencintai kesenian.

"Dalam rangka menarik daya minat dari para generasi muda ini, kami melalui Sanggar Dresanala, memberikan motivasi, contoh-contoh, dan mengajak mereka bersama-sama mencintai, setelah itu, kami ajak bersama-sama mengikuti latihan rutin," imbuhnya.

Saat ini, Sanggar Dresanala memberdayakan generasi muda dalam rangka melestarikan seni budaya tradisional, semisal seni pertunjukan, seni musik tradisional, seni suara, seni tari, wayang, dan sebagainya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika (Dinkominfo) Purbalingga Jiah Palupi Twihantarti, yang hadir pada pementasan FK Metra berharap, Purbalingga dapat mengulang kesuksesan dalam Festival Pertunra tingkat Jateng.

Di tahun-tahun sebelumnya, FK Metra Purbalingga pernah menyabet Juara 1, Juara 2, dan Juara Harapan 1 Festival Pertunra yang melibatkan FK Metra dari seluruh kabupaten se-Jawa Tengah.

"Seperti harapan kita bersama, mudah-mudahan, keikutsertaan FK Metra pada Festival Pertunjukan Rakyat kali ini, benar-benar bisa mengulang kejayaan kembali bagi Kabupaten Purbalingga, di mana kita pernah meraih yang terbaik dari yang baik-baik," katanya. (*)

Baca juga: Siap-Siap! CFD Kota Semarang Mulai Dibuka Minggu 26 Juni

Baca juga: Prof Martono Menang Pemilihan Rektor Unnes, Unggul Telak dengan Dua Kandidat Lain

Baca juga: Terungkap! Puluhan Bangkai Kambing di Sungai Serang Susukan Kabupaten Semarang Berasal dari Sumatera

Baca juga: Tak Hanya Punya Elektoral Tinggi, Ini Kriteria Calon Presiden Ideal yang Dicari PDIP

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved