Berita Tegal

Es Dawet Daun Kelor Tegal, Minuman Menyehatkan Terbuat dari Bahan Alami

Jika biasanya dawet terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan, di Slawi Kabupaten Tegal ada penjual es dawet yang terbuat dari bahan daun kelor.

tribunbanyumas.com/desta
Penjual es dawet daun kelor, Yanti (33), menunjukkan es dawet yang dijajakan di Jalan Wahid Hasyim, Slawi, Kabupaten Tegal. Lokasinya tidak jauh dari Alun-alun Rumah Dinas Bupati Tegal. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, TEGAL - Sebagian masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing dengan salah satu minuman tradisional yang asalnya lebih dikenal dari Banjarnegara, Jawa Tengah yaitu dawet ayu.

Minuman dawet ayu memiliki perpaduan rasa gurih berasal dari santan, manis dari gula aren atau gula kelapa menjadi perpaduan yang menyegarkan.

Inovasi dan kreasi pembuatan es dawet terus berkembang.

Jika biasanya dawet terbuat dari bahan dasar tepung beras, tepung beras ketan, di Slawi Kabupaten Tegal ada penjual es dawet yang terbuat dari bahan dasar tidak biasa yaitu daun kelor.

Baca juga: Baru! Pemandian Air Hangat Onsen Guci Kabupaten Tegal Tawarkan Pemandangan Alam yang Instagramable

Sesuai namanya, es dawet daun kelor terbuat dari bahan dasar seperti tepung aren, tepung beras ketan, tepung tapioka, ditambah dengan air rebusan daun kelor dan daun pandan.

Sehingga es dawet daun kelor ini terbuat dari bahan-bahan alami termasuk pewarnanya hasil dari perpaduan daun kelor dan daun pandan.

Penjual es dawet daun kelor, Yanti (33) menceritakan pertama kali dirinya menemukan ide untuk membuat dawet berbahan daun kelor.

"Awal mula kepikiran membuka usaha es dawet daun kelor, karena kebetulan di samping rumah banyak sekali pohon daun kelor.

Kemudian saya berpikir kenapa tidak dibuat dawet saja karena kebetulan saya juga asli asal Banjarnegara.

Ya bisa dibilang berawal dari iseng dan memanfaatkan tanaman daun kelor yang banyak di sekitar rumah.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved