Pendidikan

Formasi Guru di Jateng Harus Dipenuhi Sebelum 2023: Tak Ada Guru Honorer, Siapa yang Mengajar?

Namun demikian, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jawa Tengah khawatir status kepegawaian tersebut tidak bisa segera diimplementasikan daerah.

Penulis: faisal affan | Editor: mamdukh adi priyanto
tribunbanyumas.com/faisal affan
PGRI Jawa Tengah, Muhdi, saat memberikan pernyataan tanggapan terkait Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) bernomor B/185/M.SM.02.03/2022 tentang Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, di Kantor PGRI Jawa Tengah, Rabu (8/6/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, SEMARANG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) memberikan batas waktu untuk menyelesaikan status kepegawaian hingga November 2023 kepada pemerintah daerah.

Seperti diketahui, pemerintah akan menghapus tenaga honorer pada 2023.

Tenaga honorer yang dimaksud termasuk guru.

Namun demikian, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jawa Tengah khawatir status kepegawaian tersebut tidak bisa segera diimplementasikan pemerintah daerah.

Baca juga: Ratusan Kursi Kepala Sekolah Dijabat Plt, PGRI Jateng Kritik Adanya Kebijakan yang Tak Sinkron

Ketua PGRI Jawa Tengah, Muhdi mengatakan, guru honorer merupakan persoalan lama tapi pemerintah tak kunjung bisa menyelesaikannya.

"Saya menilai perlu adanya persamaan persepsi antara pemerintah pusat dan daerah.

Sebab, pemerintah daerah hanya akan diberikan tenggat waktu hingga November 2023 untuk mengangkat guru honorer menjadi PPPK atau PNS," terangnya Rabu (8/5/2022).

Muhdi menilai masih ada beberapa daerah yang tidak melakukan permintaan formasi kepada pusat yang sesuai dengan kebutuhan guru.

"Jika dilihat dari data masih ada daerah yang formasinya hanya 10 persen dari kebutuhan.

Ini kalau tidak segera diselesaikan bisa kacau.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved