Berita Kesehatan

Waspada! Cacar Monyet Mulai Menyebar di 12 Negara, WHO Ingatkan Potensi di Kerumunan

Belum tuntas menghadapi wabah Covid-19, kini, negara-negara di dunia dihadapkan pada infeksi cacar monyet (monkeypox) yang terus meluas.

Editor: rika irawati
SHUTTERSTOCK via Kompas.com
Ilustrasi Cacar Monyet. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JENEWA – Belum tuntas menghadapi wabah Covid-19, kini, negara-negara di dunia dihadapkan pada infeksi cacar monyet (monkeypox) yang terus meluas.

Setidaknya, dalam sepekan terakhir, kasus ini telah ditemukan di 12 negara dengan lebih dari 80 kasus.

Dikutip dari Kompas.com, Sabtu (21/5/2022), sejauh ini, ke-12 negara yang mengumumkan infeksi cacar monyet adalah Inggris, Spanyol, Portugal, Jerman, Belgia, Perancis, Belanda, Italia, Swedia, AS, Kanada, dan Australia.

Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) mengatakan, ada 50 kasus lain yang dicurigai sebagai kasus cacar monyet dan sedang diselidiki.

Namun, WHO tidak memerinci negara-negara yang dimaksud.

Baca juga: Kemenkes Catat Ada 15 Kasus Hepatitis Akut pada Anak, Lakukan Penelitian Bersama WHO

Baca juga: WHO Waspadai Virus Corona Varian Mu: Ditemukan di Kolombia, Dinilai Kebal terhadap Vaksin

Dalam beberapa waktu ke depan, kemungkinan akan ada lebih banyak kasus cacar monyet yang dilaporkan.

Sebelum ini, cacar monyet paling sering terjadi di daerah terpencil di Afrika Tengah dan Afrika Barat sebagaimana dilansir BBC, Sabtu.

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) mengatakan, cacar monyet merupakan infeksi virus langka yang biasanya ringan dan kebanyakan orang sembuh dalam beberapa pekan.

Dalam sebuah pernyataan pada Jumat (20/5/2022), WHO mengatakan bahwa wabah cacar monyet baru-baru ini tidak biasa karena terjadi di negara-negara non-endemik.

"Kami bekerja dengan negara-negara yang terkena dampak dan lainnya untuk memperluas pengawasan penyakit untuk menemukan dan mendukung orang-orang yang mungkin terpengaruh," kata WHO.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved