Berita Banyumas

Sudah Vaksin Dosis 2, Anak Umur 6-17 Tahun Tak Perlu Lagi Tes PCR. Ini Syarat Perjalanan KA Terbaru

Penumpang kereta api berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/DOK HUMAS PT KAI DAOP 5 PURWOKERTO
Sejumlah penumpang mulai memasuki kereta di Stasiun Purwokerto, Selasa (12/4/2022). Mulai Rabu (20/4/2022), penumpang anak usia 6-17 tahun tak perlu lagi menunjukkan hasil negatif rapid tes antigen atau PCR asal sudah mendapat vaksinasi Covid-19 dosis kedua. 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PURWOKERTO - Mulai 20 April 2022, penumpang kereta api jarak jauh berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua, tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.

Aturan tersebut menyesuaikan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 49 Tahun 2022 tentang Perubahan atas SE Kementerian Perhubungan Nomor 39 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 19 April 2022.

Aturan terbaru ini disampaikan Manager Humas Daop 5 Purwokerto Ayep Hanapi, dalam siaran persnya, Rabu (20/4/2022).

Namun, untuk anak usia 6-17 tahun yang baru menerima vaksin Covid-19 dosis pertama, Ayep mengatakan, tetap diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.

"Dengan penetapan persyaratan ini, calon pelanggan diimbau dapat segera melakukan vaksinasi agar perjalanan mudik kali ini aman dan sehat," ujar Ayep.

Baca juga: Di Tanggeran Banyumas, Warga Menunggu Berbuka Puasa sambil Belanja Takjil dan Nonton Musik Kentongan

Baca juga: Karyawan Tiara Mart Karangbawang Banyumas Curi Uang di Brangkas, Bawa Kabur Rp 53 Juta

Baca juga: Warga Cindaga Banyumas Ditangkap Polisi, Simpan Sabu dan Alat Hisap di Bungkus Rokok

Menurut Ayep, PT KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi Peduli Lindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 pelanggan.

Hasil data tersebut dapat langsung diketahui KAI pada saat pemesanan tiket melalui KAI Access dan pada saat boarding.

Meski demikian, bukti vaksin dan hasil tes Covid-19 fisik, masih tetap dapat diterima.

Ayep menambahkan, pihaknya juga memberi layanan vaksinasi gratis kepada calon penumpang kereta api jarak jauh di berbagai stasiun dan klinik kesehatan milik KAI.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan kereta api jarak jauh terbaru:

  1. Vaksin ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19.
  2. Vaksin kedua wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1x24 jam atau tes RT-PCR 3x24 jam.
  3. Vaksin pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.
  4. Tidak/belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam.
  5. Pelanggan berusia 6-17 tahun yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen.
  6. Pelanggan berusia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

"KAI juga masih menyelenggarakan promo KAI Access Ramadan Festive 2022 yang masih berlangsung hingga 21 April 2022 untuk keberangkatan 20 April sampai 13 Mei 2022. Promo ini hanya berlaku untuk pembelian melalui aplikasi KAI Access," ujar Ayep. (Tribunbanyumas/jti)

Sumber: Tribun Banyumas
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved