Berita Jateng

Hujan Es Guyur Pekalongan dan Pemalang, Ini Penjelasan BMKG

pemanasan yang kuat di wilayah Jawa Tengah termasuk wilayah Pemalang dan Kabupaten Pekalongan yang memicu terjadinya 'penguapan yang besar'

warga for tribun
Hujan es terjadi di wilayah Kecamatan Kandangserang, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (21/2/2022). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, PEKALONGAN- Fenomena alam hujan es tidak hanya terjadi di Desa Kandangserag, Kabupaten Pekalongan.

Di waktu bersamaan, hujan es juga terjadi di Desa Bulakan, Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Senin (21/2/2022).

Terkait fenomena kejadian tersebut, Prakirawan Stasiun Meteorologi Tegal, Sri Nurlatifah mengungkapkan, bahwa fenomena hujan es atau 'Hail' ini bisa terjadi pada saat periode musim hujan.

"Salah satu faktor yang menyebabkan hujan es adalah aktifnya monsun Asia yang memicu terbentuknya 'Low Pressure Trough' di Laut Jawa hingga Laut Arafuru," jelas Sri Nurlatifah saat dihubungi Tribun, Senin (21/2/2022) malam.

Baca juga: Hujan Es Guyur Pekalongan, Terjadi Selama 10 Menit

Baca juga: Harga Kedelai Meroket, Produsen Tempe di Banjarnegara: Kalau Naik Lagi, Tutup

Baca juga: Tolong Bayine Gigal, Viral Video Ibu Hamil di Banjarnegara saat Dievakuasi, Ini Kejadian Sebenarnya

"Selain itu, adanya konveksi dari 'Madden Jullian Oscillation (MJO)' di sebagian besar wilayah Jawa semakin mendukung terbentuknya awan-awan konvektif di beberapa wilayah Jawa, termasuk wilayah Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Pekalongan," ungkapnya.

Kemudian, lanjutnya, adanya pemanasan yang kuat di wilayah Jawa Tengah termasuk wilayah Pemalang dan Kabupaten Pekalongan yang memicu terjadinya 'penguapan yang besar'.

Lalu, keadaan atmosfer yang labil, sehingga semakin memicu terbentuknya awan konvektif yang menjulang tinggi (deep convection) dan melewati freezing level, sehingga sebagian besar awan tersebut berupa es.

"Pada kondisi tertentu, es tersebut 'tidak sepenuhnya meluruh', sehingga pada saat mencapai permukaan tanah masih berupa es dan biasa kita kenal sebagai hujan es," imbuhnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik.

Namun masyarakat tetap waspada jika mengalami kejadian tersebut, misalnya menghindari berteduh di bawah pohon saat terjadi fenomena tersebut.

"Masyarakat juga dapat memantau perkembangan info cuaca dari BMKG seperti aplikasi android info BMKG atau website www.bmkg.go.id," imbuhnya.

Baca juga: Jeritan Hati Pedagang Gorengan di Banyumas: Minyak Langka, Tahu dan Tempe Tidak Ada

Baca juga: Suporter Bicara Soal PSIS Semarang Tak Raih Kemenengan 7 Laga Terakhir, Dragan Perlu Dievaluasi?

Baca juga: Ganjar Kembali Salurkan Hibah Bidang Pendidikan Keagamaan Sebesar Rp 107,1 Miliar

Hujan es terjadi di wilayah Kecamatan Kandangserang, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (21/2/2022).
Hujan es terjadi di wilayah Kecamatan Kandangserang, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (21/2/2022). (warga for tribun)

Hujan Es Terjadi Selama 10 Menit

Fenomena alam hujan es terjadi di Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (21/2/2022) sore.

Fenomena ini pun ramai diperbincangkan di media sosial.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved