Breaking News:

Berita Nasional

Catat! Semua Alun-alun di Indonesia Bakal Tutup Dua Hari, 31 Desember-1 Januari

Pemerintah bakal menutup alun-alun di semua wilayah di Indonesia, selama dua hari, 31 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022.

Editor: rika irawati
TRIBUNBANYUMAS/PERMATA PUTRA SEJATI
Pengunjung berfoto di Alun-alun baru Purwokerto, Rabu (24/11/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, JAKARTA – Sejumlah kebijakan terkait pembatasan kegiatan saat libur Natal dan Tahun Baru dikeluarkan pemerintah, sebagai ganti pembatalan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3.

Satu di antaranya, pemerintah bakal menutup alun-alun di semua wilayah di Indonesia, selama dua hari, 31 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022.

Kebijakan ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021 yang diteken Mendagri Tito Karnavian, Kamis (9/12/2021).

"Menutup semua alun-alun pada tanggal 31 Desember 2021 sampai dengan 1 Januari 2022," tulis salah satu poin dalam aturan itu.

Baca juga: Pemerintah Keluarkan Aturan Perjalanan Jarak Jauh Libur Nataru, Warga Harus Sudah Vaksin Lengkap

Baca juga: 4,8 Juta Pemudik Diperkirakan Masuk Jateng saat Libur Nataru, Gubernur Ganjar Minta Semua Siaga

Baca juga: Pemerintah Batal Terapkan PPKM Level 3 saat Libur Nataru, Perayaan Pergantian Tahun Tetap Dilarang

Baca juga: Bupati Banyumas Batalkan Rencana Karantina Pemudik saat Libur Nataru, Penyekatan Juga Tak Ada

Selain menutup alun-alun, pemerintah juga akan membatasi kegiatan masyarakat pada tanggal 24 Desember 2021 sampai tanggal 2 Januari 2022.

Pertama, seni budaya dan olahraga yang dapat berpotensi menimbulkan penularan Covid-19 tidak boleh dilakukan dengan mengundang penonton.

Kemudian, kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan, selain perayaan Natal dan Tahun Baru, harus dibatasi maksimal dengan kapasitas 50 orang.

"Yang bukan perayaan Natal dan Tahun Baru dan menimbulkan kerumunan, dilakukan dengan protokol kesehatan serta dihadiri tidak lebih dari 50 (lima puluh) orang," tulisnya.

Lebih lanjut, Mendagri meminta semua jajaran pemerintah daerah mencegah dan mengatasi aktivitas publik yang dapat mengganggu ketentraman dan ketertiban masyarakat.

Mendagri juga mendorong Satpol PP, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Pemadam Kebakaran, aktif terlibat memantau situasi selama Nataru.

"Mencegah dan mengatasi aktivitas berkumpul/kerumunan massa di tempat fasilitas umum, fasilitas hiburan (pusat perbelanjaan dan restoran), tempat wisata, dan fasilitas ibadah, selama periode Libur Nataru," tambah dia. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Inmendagri: Alun-alun Se-Indonesia Tutup 31 Desember 2021-1 Januari 2022".

Baca juga: Pencuri Jebol Tembok Toko Emas di Pasar Karangpandan Karanganyar, Gondol Uang Rp 23 Juta

Baca juga: Selamat! Desa Dieng Kulon Banjarnegara Dinobatkan sebagai Juara 2 Desa Wisata Terbaik ADW 2021

Baca juga: Bupati Purbalingga Tantang OPD Bikin Aplikasi Permudah Layanan Birokrasi, Jadi Penilaian Kinerja

Baca juga: Terbakar Cemburu, Warga Purbalingga Aniaya Bu Guru di Pertigaan Dukuh Manis Banyumas

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved